Minggu, 14 April 2024

Awal Bertugas, Pangdam III/Slw Langsung Kerahkan 350 Personil Atasi Kebakaran TPA Sarimukti

BACA JUGA

Bandung, IDM – Di awal tugasnya sebagai Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Erwin Djatniko memerintahkan satuan-satuan jajaran Kodam III/Slw di wilayah Bandung dan Cimahi untuk lebih masif dalam membantu mangatasi kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti Cipatat Kabupaten Bandung Barat.

Kebakaran yang terjadi sejak Sabtu (19/8), hingga saat ini, Sabtu (26/8) belum sepenuhnya dapat dituntaskan. Berbagai instansi terkait baik Pemda, TNI, Polri, BNPB serta elemen lainnya sejak awal terus berupaya untuk memadamkan api dan mengendalikan dampak kebakaran terhadap perekonomian pekerja di Sarimukti, masyarakat sekitar TPA serta penumpukan sampah di Kota Bandung.

Baca Juga: Kronologi Penganiayaan Tiga Oknum TNI Terhadap Pria Aceh Hingga Tewas

Kodam III/Siliwangi mengerahkan segenap alat peralatan yang dimiliki untuk membantu pemadaman, termasuk menggunakan Drone untuk menyemprotkan Foam khusus agar api dapat di lokalisir sehingga dampaknya tidak meluas.

Mayjen TNI Erwin Djatniko memerintahkan Dandim 0609/Cimahi untuk mengkoordinir tugas perbantuan kepada Pemda dalam penanganan dampak kebakaran TPA Sarimukti. Selain itu satuan terkait di wilayah Bandung dan Cimahi dikerahkan untuk mambantu tugas tersebut.

personel Kodam III/Slw
(Foto: Pendam III/Siliwangi)

Setidaknya tidak kurang dari 350 orang personel jajaran Kodam III/Slw beserta perlengkapannya diperbantukan dalam tugas menanggulangi kebakaran TPA Sarimukti Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Tim yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan tersebut melibatkan satuan Bekangdam III/Slw, Kesdam III/Slw, Topdam III/Slw, Brigif 15/Kujang II, Yonarmed 4/Parahyangan dan Kodim 0609/Cimahi.

Baca Juga: Tingkatkan Keselamatan Terbang, TNI AU-RSAF Gelar Pertemuan Safety Exchange

Penanganan terhadap kebakaran termasuk dampaknya, dilakukan secara komprehensif dan kolaboratif bersama semua pihak. Baik dalam menggelar dukungan personel, alat peralatan hingga bantuan pelayanan kepada masyarakat.

Selain membantu memadamkan api, Kodam III/Slw juga mendirikan Posko Satgas beserta kendaraan komando sebagai pusat pengendali kegiatan, Pos Kesehatan dan Dukkes bagi masyarakat sekitar, menggelar Kendaraan Dapur Lapangan (Randurlap) untuk menyediakan logistik serta Drone foto udara untuk memetakkan sebaran api. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER