Selasa, 21 Mei 2024

TNI AU Kerahkan Pesawat Hercules C-130 untuk Bantu Evakuasi Medis Masyarakat Papua

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan unsur pesawat Hercules C-130 untuk membantu evakuasi medis warga Distrik Wamena menuju base ops Lanud Silas Papare, Jayapura, Papua, Kamis (18/1).

Pesawat dengan tail number A-1327 itu berasal dari Lanud Halim Perdanakusuma dan diawaki oleh Kapten Pnb Riki Sihalolo.

Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengungkap, dua warga Wamena yang dievakuasi itu merupakan pasien yang sebelumnya dirawat di RSUD Wamena.

Baca Juga: Dua Bintara Mahasiswa Poltekad Dulang Prestasi di Kompetisi Internasional

“Pasien yang dievakuasi ini menderita kanker tiroid dan pasien satunya mengalami patah tulang kaki sebelah kanan,” jelas Indan dilansir dari keterangan foto di Instagram @militer.udara, Kamis (19/1).

Warga Distrik Wamena
Warga Distrik Wamena yang dievakuasi dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 TNI AU. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Dengan kondisi itu, keduanya membutuhkan perawatan khusus yang lebih intensif dengan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap. Untuk itu, kedua pasien itu dievakuasi ke Jayapura untuk selanjutnya dibawa ke RSUD Yowari serta RSUD Dian Harapan.

Evakuasi medis ini merupakan bentuk kepedulian TNI AU terhadap masyarakat, khususnya yang berada di Papua. Dengan topografi wilayah, evakuasi medis melalui jalur udara menjadi satu-satunya fasilitas yang dapat digunakan di wilayah ujung timur Indonesia ini.

Baca Juga: Pangdam XII/Tanjungpura Tegaskan Komitmen Berantas Peyelundupan dan Peredaran Narkoba

Untuk diketahui, TNI AU memang kerap ambil bagian untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat. Sebelumnya, pengerahan helikopter serupa juga pernah dilakukan untuk mengevakuasi seorang warga asal Distrik Wamena yang menderita penyakit kulit langka pada pekan lalu.

Saat itu, unsur helikopter yang dikerahkan merupakan Helikopter C-130 dengan tail number A-1323 asal Skadron Udara 32, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Dengan ini, TNI AU merealisasikan tekad mereka untuk selalu hadir di tengah masyarakat dan peduli dalam membantu berbagai permasalahan serta mengatasi kesulitan masyarakat sekitar. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER