Selasa, 5 Maret 2024

Tingkatkan Kemampuan Satuan Kosek II, Panglima Koopsudnas Buka Latihan Hanud Perkasa “B” Tahun 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI M. Tonny Harjono membuka Latihan Hanud Perkasa “B” tahun 2023 melalui video conference di Makoops Udara Nasional, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (5/9).

Selaku Direktur Latihan Perkasa “B”, Tonny mengungkap bahwa latihan ini dilaksanakan di wilayah Koops Udara II, dalam hal ini Komando Sektor (Kosek) II yang berada di wilayah Indonesia bagian tengah.

Baca Juga: Pesawat Angkut Baru TNI AU, C-130J Super Hercules Ramaikan Open Base Lanud Raden Sadjad Natuna

Adapun unsur satuan yang terlibat dalam latihan kali ini meliputi unsur skadron udara (Skadud) seperti Skadud 11 dan Skadud 33, Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Lanud Dominicus Dumatubuna Maluku, Lanud Anang Busra Tarakan, dan Lanud Sam Ratulangi Sulawesi Utara, serta unsur Satuan Radar (Satrad) jajaran Kosek II.

Selain itu, unsur pendukung lainnya adalah Arhanud 4; MCC Makassar; unsur Heli SAR dan tim SAR Kopasgat; serta unsur KRI dan unsur Hanud Pasif.

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan menguji satuan-satuan Kosek II dalam melaksanakan tugas pertahanan udara di wilayah bagian tengah NKRI beserta Hanud kewilayahan sehingga tercapai kesiapan operasional,” jelas Tonny dikutip dari keterangan foto dalam instagram @koops_udara_nasional.

Baca Juga: Bakamla Resmikan Pusat Pelatihan Maritim di Batam

Melalui latihan ini, Panglima Koopsudnas berharap dapat terwujud penguasaan serta kemahiran personel dalam melaksanakan prosedur operasi udara.

“Selain itu, terjalin integrasi dan interoperabilitas antarsatuan Hanud kewilayahan, teraplikasikannya taktik dan teknik sebagai pedoman dalam tugas pertahanan udara di satuan jajaran Kosek II beserta Hanud kewilayahan,” pungkasnya. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER