Senin, 26 Februari 2024

Tingkatkan Keamanan di Laut Sarmi, TNI AL Dirikan Pangkalan Militer

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi meresmikan Pangkalan TNI AL (Lanal) Sarmi, dari yang sebelumya merupakan Pos Angkatan Laut (Posal), Papua, Rabu (21/6).

Rachmad mengungkapkan, posisi perairan dan wilayah laut Sarmi sangat strategis, karena berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik, dan sering dijadikan jalur lintas kapal, baik dari luar maupun lokal.

Baca Juga: 5 Jenderal TNI AD yang Naik Pangkat Bintang Dua

Selain itu, di wilayah tetsebut juga kerap terjadinya kegiatan ilegal, seperti illegal logging, fishing serta pencurian hasil kekayaan laut dan sumber daya alam lainnya.

Komandan Lanal Sarmi
Pengukuhan Komandan Lanal Sarmi Mayor Laut (E) Michel Ansanay. (Foto: Dok. Dispen Koarmada III)

“Sehingga perlu pengawasan lebih ketat dari TNI AL dalam rangka memperkuat pertahanan laut di wilayah timur Indonesia,” ungkap Rachmad dikutip dari keterangan Dispen Koarmada III, Kamis (22/6).

Selain itu, lanjut Rachmad, wilayah Kabupaten Sarmi merupakan daerah yang potensial jika dilihat dari sektor perikanan maupun sumber daya kelautan. “Ini membuat tingkat kerawanan pencurian dan ancaman keamanan laut cukup tinggi,” katanya.

Baca Juga: Seorang Kolonel TPNPB-OPM Ditembak Mati Sniper TNI

Oleh karena itu, pemerintah daerah dan masyarakat setempat, menginginkan adanya keberadaan TNI AL di wilayah Kabupaten Sarmi sehingga peningkatan Posal menjadi Lanal menjadi sangat penting.

Peresmian Lanal baru ini dilaksanakan bersamaan dengan pengukuhan Komandan Lanal Sarmi Mayor Laut (E) Michel Ansanay yang dilaksanakan di lapangan Mako Lanal Sarmi, Kampung Ebram, Distrik Muara Tor, Kabupaten Sarmi, Papua. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER