Kamis, 22 Februari 2024

Spesifikasi Tank Amfibi BMP-3F Pabrikan Rusia yang Dinaiki Jokowi saat HUT Ke-78 TNI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Panglima Divisi Infanteri III/Kostrad Mayjen Choirul Anam menggelar inspeksi barisan saat upacara HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta, Kamis (5/10).

Pantauan Indonesia Defense Magazine, Jokowi menaiki tank amfibi Korps Marinir, yaitu BMP-3F berjenis armoured personnel carrier pabrikan Rusia. Dengan menggunakan tank tersebut, Jokowi memeriksa pasukan TNI dari tiga matra sekitar pukul 08.00 hingga 08.15 WIB.

Baca Juga: Spesifikasi Helikopter Anti-Kapal Selam “Panther” yang diterbangkan KSAL

Tank amfibi BMP-3F pertama kali tiba di Indonesia pada 2010 sebanyak 17 unit. Lalu, menyusul kedatangan kedua BMP-3F pada 2013 sebanyak 37 unit.

Saat ini, BMP-3F disiagakan di Markas Pasukan Marinir (Pasmar) 2 Resimen Kavaleri 2 Marinir Surabaya dan di Markas Pasukan Marinir (Pasmar) 1 Resimen Kavaleri 1 Marinir Jakarta.

Baca Juga: Bukan Sekedar Lelucon, Lumba-lumba yang Dipersenjatai Itu Benar-benar Ada

BMP-3F mampu mengisi amunisi dari rak amunisi secara otomatis. Selain itu, amunisi yang digunakan juga lebih besar. Selain itu, BMP-3F menggunakan amunisi berkaliber 100 mm, lebih besar dari PT-76 yang menggunakan amunisi 90 mm.

Tank amfibi ini juga mampu menembakkan misil serta dilengkapi senjata lain berupa senapan mesin koaksial 30 mm dan PKT 7,62 mm. Fitur tersebut tidak tersedia di PT-76. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER