Kamis, 22 Februari 2024

Sosok Mayjen TNI Rafael Granada Baay Danpaspampres yang Kini Jabat Pangdam V/Brawijaya

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Rafael Granada Baay resmi ditunjuk Panglima TNI menjadi Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya.

Rafael ditunjuk berdasarkan surat Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Lingkup Tentara Nasional Indonesia. Total 49 perwira TNI mengalami pergeseran jabatan, sebagaimana tertera dalam Surat Keputusan yang diterbitkan pada 29 November 2023.

Baca Juga: Hadapi Tantangan yang Dinamis, KSAL Upayakan Pemenuhan dan Modernisasi Alutsista Armada RI

Rafael menggantikan Mayjen TNI Farid Makruf yang dipromosikan menjadi Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad).

Lalu seperti apakah sosok Mayjen TNI Rafael Granada Baay? Berikut profil singkatnya seperti dikutip dari beberapa sumber.

Mayjen TNI Rafael Granada Baay adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1993. Lahir di Tidore, Maluku, pada 25 Juni 1971, Rafael memulai kiprahnya di dunia militer dari kesatuan Infanteri Kopassus.

Baca Juga: Kerja Sama TNI dan Kementan Target Swasembada, Babinsa Akan Jadi Penyuluh Pertanian

Sejalan dengan perjalanan kariernya, Rafael mengemban berbagai jabatan strategis, termasuk Waaslog Danjen Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Danrindam VII/Wirabuana, Danrindam XIV/Hasanuddin, dan Danrem 074/Warastratama.

Pada periode terakhir sebelum mutasi terbarunya, Rafael menjabat sebagai Danpaspampres sebelum akhirnya diangkat menjadi Pangdam V/Brawijaya pada akhir November 2023. (rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER