Selasa, 21 Mei 2024

Satgas Ops Damai Cartenz Kuasai 11 Distrik Jalur Lintasan KKB di Nduga

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satgas Ops Damai Cartenz 2023 yang terdiri dari aparat gabungan TNI-Polri telah berhasil menguasai 11 distrik dari 32 distrik di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan yang diduga menjadi jalur lintasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kagoya.

Kapolres Nduga, AKBP Rio Alexander, di Mimika, Selasa (6/6) menyebut telah mengamankan kampung Nogoloit yang berbatasan dengan batas batu Kabupaten Asmat, Papua Selatan. Wilayah ini adalah jalur tol laut pengiriman sembako untuk wilayah pegunungan Papua.

Baca Juga: 59 Pati TNI Naik Pangkat, Ini Nama-namanya

Berikutnya pihaknya juga tengah meningkatkan patroli ke sejumlah distrik dan ibu kota Kenyam, Nduga untuk mengantisipasi adanya gangguan KKB tersebut.

Satgas Ops Damai Cartenz
(Foto: Dok. Polres Nduga)

“Itu ada 11 distrik dari dua bulan yang lalu, yang kita deteksi tempat-tempat pergerakan kelompok itu sudah dikosongkan kita akan lakukan penegakan hukum di sana,” kata AKBP Rio seperti dikutip dari Antara, Selasa.

Baca Juga: Asops Seluruh Negara ASEAN Gelar Pertemuan di Bali, Ini yang Dibahas

Ia juga memastikan bahwa pasukan gabungan juga melakukan patroli dan membentuk sistem pengamanan kota, guna mengantisipasi gangguan KKB dan menciptakan suasana kondusif di Kabupaten Nduga mengingat Kabupaten tersebut merupakan daerah rawan terjadinya konflik bersenjata.

“Apabila jalur ini tidak aman akan menghambat jalur ekonomi di Kabupaten Nduga, sampai sekarang pasukan sudah masuk banyak di situ, kita amankan rute itu,” katanya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER