Minggu, 14 April 2024

Resmi Berakhir, KSAU: Latihan AYU 2023 Berhasil Tunjukkan Kapabilitas Komando dan Satuan Tempur TNI AU

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Latihan Angkasa Yudha (AYU) 2023 telah berhasil menunjukkan kapabilitas komando dan satuan tempur TNI Angkatan Udara (TNI AU) dalam merancang dan melaksanakan kampanye militer.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil KSAU Marsdya TNI A. Gustaf Brugman saat menutup Latihan Posko AYU 2023 di Lapangan Widya Ambara Seskoau, Lembang, Bandung, Selasa (27/6).

Keberhasilan tersebut menurut Fadjar juga tidak terlepas dari kemampuan para peserta latihan dalam merencanakan dan menyusun strategi, serta taktik dalam pertempuran udara.

Baca Juga: Kapal Patroli Cepat Produksi Dalam Negeri Perkuat Bakamla RI

“Saya mengapresiasi kemampuan para peserta latihan dalam merencanakan dan menyusun strategi, serta taktik pertempuran udara. Saya menilai latihan telah menunjukan kepada kita kapabilitas komando dan satuan tempur TNI AU dalam merancang dan melaksanakan kampanye militer,” imbuhnya.

Wakil KSAU Marsdya TNI A. Gustaf Brugman
Latihan AYU 2023 yang digelar di Seskoau, Bandung. (Foto: Dok. Dispenau)

Latihan AYU merupakan latihan puncak TNI AU yang telah digelar selama satu minggu, sejak Senin (19/6). Dalam pelaksanaannya, latihan ini diawali dengan latihan di tingkat satuan bawah, mulai dari perorangan, latihan tingkat Skadron Udara dan Lanud, kemudian dilanjutkan pada tingkat Komando Utama (Kotama) TNI AU.

“Dalam kurun waktu seminggu para pelaku dan Kolat (Komando Latihan) telah melaksanakan seluruh rangkaian latihan dengan baik, yang meliputi Gladi Posko PPKM dan Proses Pelaksanaan Operasi Udara (P2OU). Semua tahap latihan menjadi kesempatan berharga untuk menguji doktrin pertempuran matra udara,” ungkap Fadjar, dikutip dari keterangan Dispenau.

Baca Juga: Tim Gabungan TNI Selamatkan 9 Korban Kapal Tenggelam di Ternate

Pada kesempatan yang sama, KSAU juga menilai latihan puncak ini menjadi kesempatan bagi para prajurit pengawal dirgantara Indonesia untuk menguji keabsahan doktrin dan ilmu modern air warfare yang dipedomani, serta mengetahui kemampuan setiap satuan TNI AU dalam menerapkannya. Dengan demikian, TNI AU dapat mempersiapkan dan menjaga pertahanan udara nasional dengan maksimal.

Mengakhiri sambutannya, KSAU berpesan agar terdapat evaluasi usai latihan ini digelar, di mana hasilnya nanti dapat diteruskan ke setiap jajaran TNI AU.

“Saya minta dilakukan evaluasi secara komprehensif serta dipublikasikan dengan baik kepada jajaran, sehingga dapat menjadi feedback dan acuan yang menunjang bagi kegiatan latihan di masa mendatang” pungkasnya. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER