Senin, 27 Mei 2024

Prabowo Tegaskan Urgensi Pembelian Mirage: Interim Solution untuk Pesawat TNI AU dan Tingkatkan Efek Deteren

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto kembali menegaskan urgensi pembelian pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar. Menurut Prabowo, setidaknya terdapat dua alasan yang mendasari.

Pertama, pembelian Mirage merupakan interim solution atas keberadaan pesawat-pesawat tempur TNI AU yang sudah sangat tua dan perlu refurbishment cukup besar.

“Pesawat-pesawat yang ada sudah tua dan perlu refurbishment yang membutuhkan waktu paling cepat 18 bulan,” ungkap Prabowo dalam konferensi pers usai menyaksikan penandatanganan framework kerja sama pendidikan antara Unhan RI dengan Kedubes Palestina di kantor Kemhan, Jakarta, Senin (19/6).

Baca Juga: Tekad Kodam Jaya Pelihara Sungai dan Situ

Sementara itu, pesawat tempur Dassault Rafale yang dipesan oleh Kemhan RI pun membutuhkan waktu yang cukup lama, di mana kloter pertama paling cepat tiba dalam kurun waktu 36 bulan atau 3 tahun.

Jet Tempur Mirage 2000-5.
Jet Tempur Mirage 2000-5. (Foto: Dok. Jet Photos)

Dengan kondisi geografis Indonesia yang begitu luas dan melihat periode waktu refurbishment serta pengiriman pesawat baru untuk TNI AU, menurut Prabowo Indonesia harus memiliki pesawat tempur yang siap beroperasional. “Kita harus beli pesawat-pesawat TNI AU yang bisa segera/secepatnya operasional,” tegasnya.

Adapun alasan kedua pembelian pesawat asal Qatar ini tidak terlepas dari efek deter (deterrence effect). “Kita punya deterrent yang lebih cepat dari 36 bulan dan alutsista ini (Mirage) relatif masih muda,” imbuh Prabowo.

Baca Juga: Satgas Pamtas RI-PNG Gagalkan 20 Paket Ganja Dibungkus dalam Ban

Pembelian alutsista ini juga diakui Menhan Prabowo telah disertai dengan sejumlah riset, di mana Indonesia mengirim para ahli untuk memeriksa usia pakai pesawat tempur. “Para ahli kita kirim, kita periksa rata-rata usia pakainya masih di atas 10–15 tahun, karena rata-rata usia pesawat itu adalah 30 tahun,” jelasnya.

Selain itu, jam terbang pesawat-pesawat tempur Mirage 2000-5 disebut Prabowo masih sangat muda lantaran luas wilayah Qatar yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan Indonesia.

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER