Sabtu, 25 Mei 2024

Pendidikan Kopassus 2023: Longmars Lintasi Batas Jabar-Jateng di Gunung Beleketebe

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dalam rangka pendidikan siswa Komando (Diko) 107 tahun angkatan 2023, Wakil Komandan Jenderal Kopassus, Brigadir Jenderal TNI Achiruddin memimpin tradisi longmars siswa Komando melintasi batas Jawa Barat (Jabar)-Jawa Tengah (Jateng) di Tugu Kopassus puncak Gunung Beleketebe.

Dilansir keterangan Penkopassus, Minggu, (9/7/2023) longmars ini dimulai dari Batujajar Kabupaten Bandung Barat, melewati Garut, Tasikmalaya dan Kuningan dan kini telah sampai di Desa Wanoja untuk menuju Tugu Kopassus di Puncak Gunung Beleketebe, tepatnya di Dusun Ciwindu Desa Wanoja di Gunung Beleketebe Kecamatan Salem.

Baca Juga: KSAU: ITD Adisutjipto Jadi Langkah TNI AU Siapkan Generasi Indonesia Emas

Setelah melaksanakan tradisi lintas batas, para siswa pendidikan komando akan melanjutkan longmars menuju Kesatrian Amirul Isnaini Cilacap sebagai titik awal latihan tahap rawa-laut di Cilacap.

Tradisi longmars
(Foto: Penkopassus)

Tahap ini menjadi tantangan berat bagi setiap peserta didik karena harus menjalani infiltrasi melalui rawa-laut, simulasi pertempuran, simulasi pelolosan dari kamp tawanan, termasuk berenang ke Nusa Kambangan.

Baca Juga: Kapal Tempur Pesisir Amerika Serikat USS Oakland (LCS-24) Singgah di Bali, Ada Apa?

Pendidikan ini akan ditutup dengan pelantikan sebagai prajurit Komando di Pantai Permisan dan berhak disematkan brevet Komando, mengenakan brevet merah dan mendapat sebilah Pisau Komando. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER