Selasa, 25 Juni 2024

Kapal Selam Cakra dan Nagapasa Akan Ikuti Glagaspur Tingkat III

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Koarmada II akan menggelar latihan gladi tugas tempur (Glagaspur) tingkat III untuk satuan kapal selam (Satsel) di Surabaya, Selasa (26/9).

Dalam apel gelar kesiapan yang dipimpin Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI Isswarto, tujuan latihan kali ini untuk meningkatkan kemampuan tempur Satsel Koarmada II jenis kapal selam kelas Cakra (CKA) dan Nagapasa (NPS) dalam melaksanakan fungsinya.

Baca Juga: Bakamla RI Lanjutkan Kerja Sama dengan Badan Keamanan Laut Amerika Serikat

Adapun, sasaran yang ingin dicapai dalam latihan mampu memecahkan persoalan dalam lingkup problem taktis dari dua kapal atau lebih, mampu mengendalikan, membagi tugas, dan koordinasi.

Koarmada II
(Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

Kemudian, penanggulangan setiap ancaman secara bersama dan mampu meningkatkan kerja sama operasi antar platform persenjataan dalam skenario peperangan anti kapal selam.

Isswato menyampaikan, geladi tugas tempur tingkat III adalah langkah lanjut dari pelaksanaan uji trampil glagaspur KRI, sehingga dari penilaian tersebut dapat ditentukan tingkat kesiapan tempur yang telah dicapai.

Baca Juga: MTA Philindo 2023, Danguskamla Koarmada II: Peluang Memperkuat Pertahanan Laut Indonesia-Filipina

“Oleh karena itu, latihan ini penting untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam mengaplikasikan doktrin, taktik, dan teknik operasi laut ke dalam perumusan rencana operasi,” ujarnya dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Rabu (27/9).

Sementara itu, untuk tempat latihan Glagaspur tingkat III satuan kapal selam ini akan dilaksanakan di gedung SCT Koopkasel Koarmada RI dan perairan sebelah tenggara Pulau Sapudi. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER