Rabu, 12 Juni 2024

Jelang Rimpac 2024 Hawaii, Korps Marinir Laksanakan Latihan Penyiapan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Korps Marinir melaksanakan latihan penyiapan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/5), dalam rangka mengikuti Rim of The Pacific (Rimpac) 2024 yang akan digelar di Hawaii, Amerika Serikat.

Pelaksanaan latihan penyiapan dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Marinir Mayor (Mar) Lukman Susanto yang dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari 19 Mei-1 Juni 2024.

“Latihan penyiapan ini sebagai upaya meningkatkan profesionalisme, loyalitas dan militansi prajurit marinir,” ujar Lukman, dikutip dari keterangan Dispen Kormar.

Baca Juga: Pangdam Udayana: Terima Kasih Prajurit Berhasil Amankan WWF ke-10 dengan Lancar

Latihan penyiapan oleh prajurit Korps Marinir tersebut merupakan tahapan yang harus dilakukan oleh satuan tugas yang akan melaksakan tugas.

Prajurit Korps Marinir
(Foto: Dok. Dispen Kormar)

“Meliputi pengecekan kesiapan personel dan perlengkapan yang akan dibawa serta melaksanakan pendalaman materi dalam menunjang Rimpac 2024 di Hawaii pada Juni mendatang,” jelas Lukman.

Rimpac merupakan latihan yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut AS (US Navy) dan Pasukan Korps Marinir AS, Pasifik (US Marine Force Pacific) dengan melibatkan angkatan laut dari sejumlah negara di kawasan Indo-Pasifik dan bahkan pengamat (observer) dari angkatan laut negara eropa.

Baca Juga: Yonkav 8 Terima 25 Unit Motor KLX Bantuan Kemhan

Pada tahun ini, Rimpac ke-29 akan kembali digelar pada Juni 2024 di Hawaii, Amerika Serikat, yang dijadwalkan pada 27 Juni-2 Agustus. TNI AL bakal berkontribusi dalam latihan terbesar angkatan laut di dunia ini fokus pada meningkatkan integrasi serta kesiapsiagaan kerja sama antaranegara sahabat.

Adapun Satgas Rimpac 2024 bertujuan meningkatkan hubungan dan kerja sama antarnegara peserta dan eningkatkan kemampuan profesionalisme personel TNI AL dalam melaksanakan operasi dan latihan bersama berskala internasional.

Kemudian, latihan bersama ini juga untuk meningkatkan kemampuan operasi laut jarak jauh dan penyiapan dukungan logistik tempur serta kemampuan TNI AL dan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER