Kamis, 30 Mei 2024

Bahan Bakar Air Nikuba dari Kodam III/Siliwangi Dilirik Pabrikan Otomotif Italia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Bahan bakar inovasi bernama Nikuba dari Kodam III/Siliwangi mendapatkan atensi dari salah satu pabrikan otomotif terkemuka di eropa dengan survei langsung ke Cirebon beberapa waktu lalu.

Dilansir dari keterangan resminya Dispenad, Senin, (19/6) Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan diskusi panjang dilakukan terkait inovasi tersebut untuk membuka lebih luas terkait teknis kerja Nikuba.

Dari hasil pertemuan tersebut lanjutnya, Nikuba mendapat kesempatan untuk dipresentasikan pada beberapa pabrikan otomotif Italia yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2023 di Milan.

Baca Juga: Yuk, Intip Aksi Pasukan Elite Tiga Matra di Latihan Khusus Koopssus

“Kolaborasi dan komitmen terhadap inovasi nikuba terus berjalan dengan baik melalui rangkaian beberapa model uji coba. Banyak sepeda motor babinsa Kodam III/Slw yang telah operasional dengan Nikuba. Dari hal tersebut didapatkan data-data untuk terus dilakukan penyempurnaan terhadap inovasi tersebut,” kata Pangdam.

Nikuba atau akronim dari ‘Niku Banyu’ atau ‘Ini Air’ yang dapat mengkonversi air melalui sistem pemisahan hidrogen dan oksigen pada kandungan air yang telah dielektrolisa menjadi hidrogen yang digunakan sebagai bahan bakar.

Baca Juga: Dukung Kebijakan Pemerintah, Lanud SMH Siapkan Pengamanan Ramah Lansia bagi Calon Haji Embarkasi Palembang

Bapak Aryanto Misel (67) melalui inovasinya bersama Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menggagas Nikuba yang dapat mengubah air menjadi energi mesin pembakaran dalam Internal Combustion Engine (ICE) di kendaraan.

“Nikuba ini memiliki fungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O). Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor. Nikuba dalam prosesnya berhasil terus disempurnakan sehingga lebih efisien saat digunakan untuk kendaraan dengan kemungkinan bisa menghemat 100% bahan bakar minyak,” jelas Bapak Aryanto Misel. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER