Selasa, 16 April 2024

Aksi Prajurit Yonko 461 Kopasgat dalam Latihan Cakra Yudha 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Batalyon Komando (Yonko) 461 Kopasgat menggelar Latihan Cakra Yudha tahun 2023 yang dipusatkan di Lanud Atang Sendjaja (Ats) Bogor beberapa waktu lalu.

Cakra Yudha merupakan latihan satuan yang digelar secara rutin setiap tahunnya sebelum para prajurit menghadapi latihan tingkat Wing Kopasgat dan TNI Angkatan Udara (TNI AU).

Baca Juga: Rombongan Dubes Tanzania Kunjungi Pindad untuk Belajar Produksi Industri Pertahanan

Secara umum, latihan tahun ini dilaksanakan sebagai sarana untuk membuat konsep dan pola operasi pertahanan di Lanud Ats. Hasil latihan ini akan dijadikan sebagai acuan dan rencana kontigensi bagi satuan dalam menghadapi berbagai kondisi tak terduga maupun ancaman yang berpotensi terjadi di wilayah Lanud Ats.

Kopasgat
(Foto: Dok. Instagram @kopasgat_tniau)

Dalam implementasinya, latihan Cakra Yudha 2023 diawali dengan apel pembukaan. Kemudian, latihan dilanjut dengan pengecekan personel serta materiil yang dipimpin oleh Komandan Yonko 461 Kopasgat, Letkol Pas Kandung Wijoyono.

Baca Juga: Tiba di Lanud Rsn, Pesawat Tempur TNI AU Siap Ikuti Latma Cope West 2023

Sehari kemudian, para prajurit yang terlibat dalam latihan ini harus melaksanakan pertahanan pangkalan di Lanud Ats dengan menggelar senjata bantuan lintas datar maupun lintas lengkung. Pada kesempatan yang sama, regu senapan juga dikerahkan untuk begerak menuju lokasi, sesuai koordinat yang telah ditentukan.

“Kemudian Kompi Mekanis melaksanakan patroli keamanan dengan menggunakan rantis di sekitar Lanud Atang Sendjaja,” tulis Penerangan Kopasgat dalam instagram @kopasgat_tniau. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER