Selasa, 28 Mei 2024

Mengenal Hiller 360, Helikopter Kepresidenan Indonesia yang Pertama

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Helikopter Hiller 360 telah menjadi bagian dari sejarah penerbangan Republik Indonesia. Pasalnya, helikopter buatan Hiller Aircraft Amerika Serikat (AS) ini tercatat sebagai helikopter pertama yang dimiliki oleh Indonesia usai meraih kemerdekaan.

Presiden Ir. Soekarno menjadi sosok yang memprakarsai penggunaan helikopter ini sebagai bagian dari transportasi udara untuk mendukung aktivitas kepresidenan. Dengan Hiller 360, Soekarno tercatat sebagai presiden pertama di dunia yang memiliki helikopter kepresidenan, bahkan enam tahun lebih awal daripada helikopter kepresidenan yang pertama digunakan oleh presiden negara adidaya, AS.

Dilansir dari buku Kisah Istimewa Bung Karno, Presiden AS Dwight Eisenhower baru menggunakan helikopter kepresidenan AS, Bell-47 J 2 Ranger pada Juli 1957.

Menilik sejarah, masuknya Hiller 360 ke Indonesia dimulai sejak tahun 1950. Dikutip dari Majalah Angkasa TNI AU, Komodor Muda Udara Wiweko Soepono saat itu mendapat perintah dari Soekarno untuk bertandang ke Inggris dan menghadiri Farnborough Airshow.

Usai lawatan tersebut, Wiweko terbang ke AS untuk membeli sejumlah pesawat, di mana salah satunya adalah helikopter Hiller 360. Indonesia membeli sebanyak enam unit helikopter dan mulai datang ke tanah air pada Desember 1950.

Selain Soekarno, nama Wiweko Soepono memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah Hiller 360 di Indonesia. Ia dipercaya menjadi pengawak pertama Hiller 360 sekaligus pilot helikopter pertama di Indonesia. Tidak mengherankan memang, pasalnya Wiweko sempat menempuh pendidikan sekolah penerbang helikopter di AS tahun 1950.

Dengan kapabilitas tersebut, Wiweko bertindak sebagai pilot in command Hiller 360 pada 15 Januari 1951 untuk membawa terbang Presiden Soekarno berkeliling ibu kota Jakarta. Tidak lama waktu yang ditempuh, hanya 15 menit penerbangan. Helikopter dengan nomor registrasi H-101 tersebut kemudian bergantian menerbangkan Ibu Negara Fatmawati untuk durasi waktu yang sama dan berkeliling Jakarta.

Baca: Mengenal Abdulrachman Saleh, Dikenal Cerdas Hingga Julukannya Jadi Sebutan Pelajar AAU

Hiller 360 memang tergolong helikopter andal di masa itu. Dengan dua bilah baling-baling, helikopter ini memiliki konfigurasi 1 pilot dan dua penumpang. Yang unik, posisi pilot berada di tengah, sementara dua penumpangnya berada di samping kiri dan kanan pilot.

Sebagai helikopter ringan, konsol kemudi pun menggunakan tuas yang tersambung ke bagian atas. Kecepatan maksimum Hiller 360 mencapai 135 km/jam dan kecepatan jelajah 122 km/jam dengan jarak tempuh mencapai 300 km. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER