Selasa, 28 Mei 2024

Mengenal Abdulrachman Saleh, Dikenal Cerdas Hingga Julukannya Jadi Sebutan Pelajar AAU

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peran tokoh-tokoh yang mendedikasikan hidupnya untuk negara. Salah satunya adalah Abdulrachman Saleh, seorang pilot yang dikenal cerdas, tangguh dan memiliki daya juang tinggi.

Mengutip majalahpandu, Sabtu (25/2), keunikan Abdulrachman Saleh pun membekas di lingkungan sekolahnya. Penerbang kelahhiran 1901 itu bahkan mendapatkan sebuah julukan khusus dari gurunya. ‘Krullebol’ yang berarti ‘si keriting yang cerdas’ diberikan oleh dosennya yang bekebangsaan Belanda.

Beberapa tahun berlalu, nama itu kemudian menjadi inspirasi Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal (Purn) Saleh Basarah periode 1973-1977 untuk menyematkan nama tersebut sebagai panggilan taruna-taruni Akademi Angkatan Udara (AAU). ‘Krullebol’ yang dengan pelafalan orang Indonesia menjadi ‘karbol’ diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para siswa AAU untuk memiliki ketangguhan seperti Abdulrachman Saleh.

Kiprah Abdulrachman Saleh terus berkembang usai beberapa waktu dipercaya menjadi instruktur penerbang membantu Adisutjipto. Hingga pada 1946, ia ditugaskan untuk menjadi komandan Pangkalan Udara Maospati di Madiun, kendati berdomisili di Malang.

Baca: Esther Gayatri Saleh, Srikandi Penerbang Prototipe Pesawat N219

Selain cerdas, Abdulrachman Saleh juga dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan praktis. Satu langkah tak terduga sekaligus menggelitik pun diungkap matra udara melalui tni-au.mil.id. Ketika betugas di Madiun, anak keduanya lahir. Sebagai seorang ayah, ia ingin terus bedekaatan dan memboyong anaknya ke Malang. Menaiki pesawat Cureng, anak kedua Abdulrachman Saleh yang masih bayi itu ditempatkan di koper kecil untuk menghemat tempat dalam pesawat.

Telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional Indonesia, nama Abdulrachman Saleh yang wafat pada 29 Juli 1947 diabadikan menjadi nama bandar udara di Malang, Jawa Timur. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER