Kamis, 13 Juni 2024

Tingkatkan Kesiapan Operasi, Jajaran Wing Komando III Kopasgat Gelar Latihan Harda Maruta III

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Wing Komando III Kopasgat menggelar Latihan Harda Maruta III TA 2024 di sejumlah wilayah meliputi Medan, Pekanbaru, Pontianak, dan Natuna pada Sabtu (25/5).

Latihan tersebut melibatkan seluruh satuan jajaran Wing Komando III Kopasgat di antaranya Batalyon Komando (Yonko) 462; Yonko 465; Yonko 469; serta Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 473; Denhanud 475; dan Denhanud 477.

Baca Juga: Kapal Pemburu Ranjau Pulau Fani Akan Terlibat Glagaspur Tingkat III

Melansir keterangan Penerangan Kopasgat dalam laman resmi TNI AU, Senin (27/5) dijelaskan, Latihan Harda Maruta III TA 2024 digelar untuk meningkatkan profesionalisme serta kesiapan operasi para personel.

Kopasgat
Oerlikon Skyshield Air Defence System yang dikerahkan dalam Latihan Harda Maruta III TA 2024. (Foto: Dok. tniau.mil.id)

“Latihan Hardha Marutha III merupakan lanjutan dari latihan-latihan yang telah dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, mulai dari tingkat regu, peleton, kompi, baterai, Batalyon/Detasemen dan merupakan bagian dari siklus kegiatan pembinaan serta upaya pemantapan satuan dan kemampuan prajurit jajaran Wing Komando III Kopasgat,” tulis Penerangan Kopasgat.

Baca Juga: Terima Kunjungan MenBUMN dan Pengusaha Uni Emirat Arab, Prabowo: Indonesia adalah ‘Future of Growth’

Dalam latihan kali ini, jajaran personel Wing Komando III Kopasgat melakukan kegiatan simulasi operasi perebutan dan pengoperasian pangkalan udara (OP3U). Selain itu, mereka juga melakukan penembakan dengan Sniper AX303 dan AW50.

“Sementara itu, dalam materi manuver lapangan, para personel melakukan patroli keamanan; penghadangan kendaraan; penghadangan patroli jalan kaki; penyergapan bivak; latihan pengepungan dan penggeledahan rumah (Pungdahmah); serta penggelaran short air defence (Shorad) Oerlikon Sky Shield yang dilaksanakan oleh Denhanud di satuan masing masing,” pungkas Penerangan Kopasgat. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER