Jumat, 19 April 2024

Apa Perbedaan Kapal Perang Destroyer dan Fregat?

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kapal perang adalah bagian penting dari armada angkatan laut yang tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, tergantung kemampuan dan fungsinya.

Dua jenis kapal perang yang umum digunakan di sebagian besar angkatan laut adalah destroyer dan fregat. Namun, apakah kalian tahu perbedaan antara kedua kapal ini?

Baca Juga: Dakota RI-001 Seulawah Pesawat Angkut Persembahan Rakyat Aceh untuk Indonesia

Mengutip dari YouTube Lycma Mil-Tech, Selasa (25/4), dari segi dimensi sebuah kapal perang destroyer bisa mempunyai bobot antara 5000 sampai 10.000 ton, dibandingkan kapal fregat yang biasanya berbobot antara 1.500 hingga 7.500 ton.

Kapal fregat
Kapal fregat Nordrhein-Westfalen (F223) milik Angkatan Laut Jerman. (Foto: Dok. Bundeswehr)

Kapal perang destroyer biasanya dilengkapi dengan persenjataan yang lebih lengkap dan banyak dari tipe fregat. Tak hanya itu, kapal tersebut berkemampuan menghancurkan kapal perang selam, sekaligus memiliki pertahanan antipesawat tempur dan antirudal.

Baca Juga: Bengkel Angkatan Darat Ciptakan Recoil Dop untuk Senapan Mesin Berat

Di sisi lain, kapal perang fregat mempunyai kemampuan yang lebih terbatas untuk membawa seluruh rentang persenjataan yang mampu dilakukan oleh kapal perang destroyer.

Fungsi utama kapal perang destroyer digunakan untuk bertempur dengan peluru kendali dan juga sebagai pengawal kapal induk. Sementara kapal fregat fungsinya sebagai kombatan yang digunakan untuk patroli samudra serta pengawalan armada dagang dan tanker di daerah rawan. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER