Senin, 15 April 2024

Mengenang Kejayaan Tank M3A3 Stuart

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Batalyon Kavaleri 4/Kijang Cakti melakukan pengecatan dan pembersihan monumen Tank M3A3 Stuart yang berada di Jalan Burangrang Kota Bandung. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kavaleri Angkatan Darat 9 Februari 2023.

Dilansir dari Instagram Pussenkav_id, Sabtu, (4/2) Ranpur Tank M3A3 Stuart sendiri disebut pernah membantu TNI dalam mengatasi segala pemberontakan.

“Dahulu Tank M3A3 Stuart ini menjadi senjata tempur Belanda pada Agresi Militer Belanda I dan II. Setelah itu dihibahkan dan diterima oleh TNI pada tahun 1949,” tulis Pussenkav_id.

Dalam debutnya di Indonesia Tank M3A3 Stuart cukup massif dalam beberapa operasi militer di dalam negeri, seperti dalam penumpasan pemberontakan RMS (1950), menumpas pemberontakan DI/TII di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah (1950), menumpas PRRI di Sumatera dan permesta Sulawesi Utara (1958), dan menumpas G30S/PKI (1965). Lepas dari reputasi tempurnya, Stuart juga laris manis sebagai bintang dalam film Janur Kuning, Ketulusan Kartika, Emerald dan Darah Garuda.

Baca: Cikal Bakal Sekolah Penerbang Maguwo

Setelah berjasa dalam membantu tugas TNI dalam meneyelesaikan operasi dalam negeri dan bukti Tank M3A3 Stuart pernah digunakan di Indonesia, banyak tank stuart yang dijadikan monumen seperti yang berada di Ambarawa, Museum Satria Mandala, Pussenkav, Mako Yonkav 4/KC dan salah satunya menjadi monumen yang berada di Jl Burangrang Kota Bandung. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER