Rabu, 28 Februari 2024

Mengenal Meriam 40 MM L 60 BOFORS yang Menumpas Pemberontakan DI/TII Kartosuwiryo

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Memasuki halaman Museum Mandala Wangsit Siliwangi milik Kodam III/Siliwangi di jalan Lembong, Bandung pengunjung akan langsung disuguhi pemandangan dua buah alutsista tua yang “sangar” pada zamannya yaitu Meriam 40 MM L 60 BOFORS dan Tank Stuart M.3 AJ.

Meriam 40 MM L 60 BOFORS menurut papan informasi dikatakan digunakan TNI pada periode tahun 1960-1962. Meriam yang terpanjang pada museum sendiri adalah bekas, yang digunakan oleh Yon Arhanudri-3 Kelelawar, Kodam III/Siliwangi untuk menumpas pemberontakan DI/TII pimpinan Kartosuwiryo di Jawa Barat dalam operasi Tirtayasa. Selain itu meriam semi otomatis ini juga digunakan untuk operasi Trikora pembebasan Irian Barat dari penjajahan Belanda.

Meriam
(IDM/Ronald)

Baca Juga: C-17 Globemaster III, Pesawat Angkut Militer Andalan USAF

Meriam ini berasal dari Amerika Serikat dengan kaliber 40 MM. Memiliki kekuatan laras 800 tembakan dengan sudut evaluasi 90 derajat. Walaupun beratnya mencapai 1586 Kg, meriam ini tetap mampu menembak dengan kecepatan 120 peluru per menitnya. Berikutnya jarak tembak dari meriam ini adalah 2742 M. (rr)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER