Minggu, 14 April 2024

Panglima Ungkap Rencana Perubahan Status 14 Lantamal Jadi Kodamar

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan rencana sejumlah Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) naik status menjadi komando utama operasi dan pembinaan.

Hal tersebut diutarakan Agus dalam pemaparannya di rapim TNI-Polri 2024, Jakarta, Rabu (28/2). Dalam kesempatan tersebut, Agus menjelaskan rencana pembangunan sistem pertahanan serta sarana dan prasarana pendukung untuk tiga matra.

Untuk TNI AL, total delapan Lantamal akan naik tingkat ke Komando Daerah Maritim (Kodamar) kelas A dan enam Lantamal lainnya menjadi Kodamar kelas B.

Baca Juga: Panglima TNI: Ada 2 Batalyon Baru yang Akan Dibangun di IKN

“Serta (rencana penambahan) pembangunan Pasukan Marinir (Pasmar) di IKN,” papar Agus.

Sedangkan untuk TNI AD akan membangun 37 Komando Daerah Militer (Kodam), 15 di antaranya diperkuat dengan Komando Resor Militer (Korem). “22 Kodam tanpa Korem di bawahnya termasuk pembangunan Kodam IKN dan dua batalyon baru,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan untuk TNI AU akan membangun Landasan Udara (Lanud) di IKN dengan meningkatkan status lima Lanud tipe A dan dua Lanud tipe B.

Baca Juga: Panglima TNI: Tahun 2024 TNI Gelar 41 Jenis Operasi Dalam Negeri Melibatkan 31.447 Prajurit

“Serta pembentukan Lanud tipe C dan pembentuk skadron-skadron baru,” kata Agus.

Realisasi bertahap kenaikan status Lantamal

Sebelumnya, pada awal tahun lalu Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengungkapkan TNI AL sudah memulai realisasi perubahan Lantamal menjadi Kodamar.

Ali mengatakan, salah satu syaratnya adalah memenuhi kemampuan rebase, replenishment, repair, rest, dan recreation atau biasa disebut 5R.

Baca Juga: TNI Akan Bentuk Koops Habema untuk Tangani Konflik di Papua

“Jadi, dia mampu mendukung alutsista-alutsista yang beroperasi di wilayahnya,” kata Ali saat itu.

Karena berada di kemaritiman, Ali menjelaskan Kodamar nantinya harus memiliki kemampuan dalam mempertahankan pangkalan atau pertahanan pantai apabila ada ancaman yang berusaha untuk menguasai pantai.

Karena itu, kodamar juga harus sudah memiliki Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan atau (Yonmarhanlan). “Nanti Yonmarhanlan juga kami kembangkan jadi satuan pengamanan pangkalan,” bebernya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER