Minggu, 16 Juni 2024

Ungkap Pertemuan dengan Fincantieri, KSAL: Intens Bahas OPV ITS Morosini

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, mengungkapkan pertemuannya dengan CEO Fincantieri Dario Deste salah satunya membahas rencana pembelian kapal jenis multipurpose Offshore Patrol Vessel (OPV) kelas Thaon di Revel atau Pattugliatore Polivalente d’Altura (PPA), ITS Morosini.

Ali menerima courtesy call pimpinan perusahaan kapal asal Italia itu di Mabesal, Cilangkap, Jakarta, Rabu (31/1) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Dario memaparkan beberapa kapal unggulan buatan Fincantieri, yaitu fregat, kapal selam serta komponen atau kerangka kapal yang kokoh dan canggih.

“Pembicaraan (rencana pembelian) PPA dari Fincantieri ini sangat intens. Mohon doanya saja, mudah-mudahan bisa terealisasi,” ungkap Ali usai upacara penyambutan KRI Frans Kaisiepo-368 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/2).

Ali menjelaskan beberapa keunggulan dan keistimewaan OPV atau kapal patroli rasa fregat itu. Menurutnya, rencana realisasi dua unit ITS Morosini bakal meningkatkan postur kekuatan TNI AL ke depannya.

Baca Juga: Lanud Adi Soemarmo Melepas Ribuan Benih Ikan Nila untuk Dukung Ketahanan Pangan Nasional

“Fregatnya cukup baik ya, saya rasa ini panjangnya juga 143 meter dan ini merupakan yang terpanjang. Tentunya kalau kita punya, tingkat modernisasinya cukup tinggi dan harapannya dapat memperkuat TNI AL,” jelasnya.

Sebelum menyambangi Mabesal, pihak delegasi Italia yang dipimpin Deputy Secretary General of Defence of Italy Vice Admiral (VADM) Pier Federico Bisconti sudah terlebih dahulu melakukan upaya “jemput bola” ke Kementerian Pertahanan (Kemhan), pada Jumat (10/11) lalu.

Kemudian, dalam pertemuan tersebut Sekretaris Jenderal Kemhan Marsekal Madya Donny Ermawan Taufanto bersama delegasi Italia membahas peluang penjualan dua unit kapal OPV kelas Thaon di Revel (PPA) ITS Morosini.

Pada Juni 2023, kapal itu sempat sandar di Jakarta dalam rangka kunjungan balasan pascasebelumnya Ali melaksanakan lawatan kerja ke Italia.

Baca Juga: Diduga Minta Jatah Uang, KKB Tembak 1 Polisi Dan 1 Warga

Alasan Italia Tawarkan Penjualan OPV

Dilansir dari Defense News, Menteri Pertahanan Italia Matteo Perego menyebut Indonesia sangat perlu kapal patroli baru untuk keamanan dan pertahanan dari ketegangan dengan Cina di kawasan.

Italia menawarkan penjualan kapal OPV kelas Thaon di Revel (PPA) ITS Morosini yang sudah dibangun untuk Angkatan Laut Italia untuk mempercepat pengiriman kepada Indonesia.

“Saat ini, anda tidak bisa lagi berpikir untuk mengirimkan kapal dalam waktu tiga tahun, kita perlu mempercepat programnya,” kata Perego, pada Rabu (1/11).

Baca Juga: KSAD Imbau Prajurit Selalu Bersyukur dan Jangan Hidup Bermewah-Mewah

Italia sendiri memesan tujuh unit kapal patroli multiguna PPA dari Fincantieri, dan kapal keenam dari pesananan itu baru saja diluncurkan, yakni Ruggiero di Lauria pada Jumat (6/10) lalu.

Sedangkan rencananya dua kapal patroli multiguna PPA yang akan dijual ke Indonesia adalah yang sudah diluncurkan tetapi belum beroperasi, atau mungkin termasuk kapal ketujuh yang belum diluncurkan.

“Belum jelas kapal mana yang akan masuk ke Indonesia, itu tergantung kapan kontrak ditandatangani,” ujar Perego. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER