Rabu, 12 Juni 2024

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

banjir bandang
banjir bandang
banjir bandang
banjir bandang
banjir bandang
banjir bandang
banjir bandang
banjir bandang
banjir Sumbar 1
banjir Sumbar 2
banjir Sumbar 3
banjir Sumbar 4
banjir Sumbar 5
banjir Sumbar 6
banjir Sumbar 7
banjir Sumbar 8
previous arrow
next arrow
Shadow

Padang, IDM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

Bantuan bencana alam dari Kementerian Pertahanan tersebut berupa 20 ton beras; 1.000 paket obat-obatan; 600 pasang sepatu boot; 3.000 buah selimut; 3.000 paket alat mandi; dan 10.000 dus mie instan.

Data terakhir mencatat, sebanyak 67 orang meninggal, dan ratusan rumah warga rusak. Bencana tersebut dipicu hujan lebat, dan meluapnya aliran sungai yang sebagian besar berhulu di Gunung Marapi. Banjir diperparah material vulkanik dari Gunung Marapi yang terbawa melalui sungai karena hujan lebat di sekitar puncak.

Terdapat lima kabupaten/kota di Sumatera Barat yang terdampak banjir lahar, yakni Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang.

Baca Juga: Kapal Perang Fregat Belanda “HNLMS Tromp” Bersandar di Dermaga JICT, Tanjung Priok

Prabowo meminta kepada seluruh Forpimda, TNI-Polri, dan semua pihak yang terlibat dalam penanganan bencana alam di Sumatera Barat untuk memastikan bahwa warga yang mengungsi tertangani dengan baik. Kebutuhan yang berkaitan dengan konsumsi, ketersediaan air bersih, fasilitas kesehatan, seperti obat-obatan dan tenaga kesehatan juga harus terpenuhi. Begitu pula keamanan relokasi pengungsian khususnya untuk anak-anak dan orang tua yang lanjut usia.

(IDM/Maulana Nugraha Putra)

INFRAME

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

EDISI TERBARU

sidebar
custom-ad-5

POPULER