Kamis, 13 Juni 2024

Perwira Perempuan AL Lebanon Berlatih “Stage at Sea” di KRI Diponegoro

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Diponegoro-365 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-O UNIFIL menjadi tempat latihan praktik program “Stage at Sea” bagi perwira perempuan Angkatan Laut Bersenjata Lebanon (LAF-N) di wilayah area of maritime operation Laut Mediterania, Senin (13/5).

Stage at Sea merupakan salah satu implementasi dari tugas utama unsur MTF UNIFIL yang dimandatkan langsung oleh PBB, yaitu memberikan pelatihan kepada prajurit Angkatan Laut Bersenjata Lebanon untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan melaksanakan tugas maritim di teritorial.

Stage at Sea
(Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

Latihan praktik Stage at Sea tersebut diikuti oleh dua orang perwira perempuan Angkatan Laut Bersenjata Lebanon, yaitu Letda Michelin Maalouf dan Letda Malak Zert. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dengan beberapa materi, seperti ship familirization, pilotage, damage control, dan boarding operations.

Baca Juga: Kodam I/BB Akan Bangun 5 Jembatan Bailey yang Rusak Pasca Banjir Lahar Dingin Marapi

Komandan KRI Diponegoro-365 Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menjelaskan latihan praktik Stage at Sea bertujuan memperkenalkan kehidupan di kapal bagi para prajurit perempuan.

“Juga sebagai sarana interaksi untuk mempererat hubungan antar-para perwira junior sehingga ke pada saat mereka menjadi pemimpin di angkatan laut, akan lebih mudah dalam berkoordinasi dan bekerja sama,” ujar Wirastyo, dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Kamis (16/5).

Stage at Sea
(Foto: Dok. Dispen Koarmada II)

KRI Diponegoro yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII/O UNIFIL bertugas bersama pasukan perdamaian PBB di Lebanon sejak awal 2024. Kapal perang itu berlayar dari Jakarta ke Lebanon sejak akhir 2023, menggantikan KRI Frans Kaisiepo-368 yang sebelumnya bertugas di Lebanon bersama Satgas MTF TNI Kontingen Garuda XXVIII-N UNIFIL.

Baca Juga: Ratusan Perwira Siswa Ikuti Pendidikan Sekkau ke-115

Satgas Kontingen Garuda MTF sendiri merupakan salah satu unit tugas dalam pasukan perdamaian PBB di Lebanon yang seluruhnya terdiri atas prajurit TNI AL. Sebagian besar prajurit TNI yang tergabung dalam UNIFIL beroperasi di darat, sementara untuk Satgas MTF menjalankan tugasnya di laut.

Beberapa tugas yang diemban oleh para prajurit dari Satgas MTF UNIFIL, di antaranya berpatroli di perairan, di sepanjang perbatasan, mencegah masuknya senjata secara ilegal, dan menggelar pelatihan untuk prajurit Angkatan Laut Bersenjata Lebanon. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER