Sabtu, 15 Juni 2024

KRI Radjiman Selamatkan Warga Suriah Korban Kecelakaan Laut di Mesir

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang sedang melaksanakan debarkasi (bongkar muatan) bantuan kemanusiaan untuk Palestina, turut memberikan pertolongan medis kepada korban kecelakaan laut di El-Arish, Mesir, Kamis (15/2).

Dikutip dari keterangan Dispenal, Jumat (16/2), kejadian bermula ketika kapal MV Lady Mira, pada Rabu (14/2) mengalami kecelakaan laut saat berlayar di sekitar Laut Mediterania.

Sebanyak 15 anak buah kapal (abk) berbendera Tanzania itu terapung selama 12 jam, sebelum akhirnya berhasil diselamatkan oleh MV Strange Attractor, kapal berbendera Marshall Island yang sedang berlayar di daerah tersebut.

Baca Juga: Koopsudnas dan Koopsud I Gelar Operasi Udara “Sayap Ambara ’24” dengan Pesawat Intai

MV Strange Attractor pun segera berlayar menuju pelabuhan terdekat dan berlabuh di dermaga Tahya Masr Pelabuhan El-Arish Mesir untuk meminta bantuan evakuasi medis terhadap satu awak MV Lady Mira atas nama Ali Allal (54) asal Suriah yang terluka.

KRI dr. Radjiman
(Foto: Dok. Dispenal)

Pihak otoritas pelabuhan kemudian menghubungi kantor Atase Pertahanan RI di Mesir untuk meminta bantuan penanganan medis di KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang memiliki fasilitas kesehatan lengkap dan juga sedang bersandar di dermaga El Arish.

Saat menerima informasi tersebut, Komandan Satgas Port Visit Mesir 2024 Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji, memberikan izin dan memerintahkan untuk membantu penanganan medis terhadap awak korban kecelakaan laut.

Baca Juga: Jelang Tampil di Singapore Airshow 2024, JAT Singgah di Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang

KRI dr. Radjiman
(Foto: Dok. Dispenal)

Korban kecelakaan laut selanjutnya segera dievakuasi ke KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 dan dilakukan penanganan medis oleh tim Departemen Kesehatan kapal bantu rumah sakit milik TNI AL itu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan rontgen kaki kiri (pedis sinistra), didapatkan kondisi tulang dalam keadaan baik namun didapatkan trauma atau memar pada luka tersebut. Korban selanjutnya segera diberikan pengobatan terhadap memar tersebut.

Saat ini, kondisi pasien secara umum stabil dan bisa kembali ke MV Strange Attractor didampingi oleh pihak otoritas pelabuhan. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER