Jumat, 19 April 2024

Iran Jajaki Kerja Sama dengan Rusia Bangun Satelit Pengintai

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Iran berencana melakukan pembicaraan dengan Rusia untuk menjajaki kerja sama dalam membangun satelit pengintai baru yaitu Khayyam-2 dalam waktu dekat.

Dilansir dari Tass, Jumat (13/10), pertemuan itu akan membahas pengembangan spesifikasi teknis untuk model satelit Khayyam berikutnya, yang pertama diluncurkan pada Agustus 2022.

Baca Juga: Tentara AS Akui Jual Info Sensitif Terkait Militer ke Cina

“Selain Khayyam-2, Iran juga ingin berdiskusi dengan Rusia mengenai rencana untuk membangun satelit penginderaan jauh dan telekomunikasi,” lapor TASS.

Lebih lanjut, Iran juga disebut berencana untuk mengembangkan dan meluncurkan setidaknya delapan satelit baru ke luar angkasa di masa mendatang, bersama dengan konstelasi 10 satelit kecil yang disebut ‘Sistem Satelit Jenderal Soleimani’.

Baca Juga: Konflik Memanas, Israel Luncurkan 6.000 Bom ke Jalur Gaza

Versi pertama Satelit Khayyam Iran diluncurkan ke orbit dari kosmodrom Baikonur yang dioperasikan Rusia, yang menandai kerja sama kedirgantaraan strategis antara keduanya. Satelit itu diluncurkan dengan dengan roket Soyuz pada Agustus tahun lalu.

Sementara, Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Iran, Issa Zarepour mengatakan bahwa pihaknya memiliki target untuk sukses mengirim misi penelitian ke luar angkasa selama lima tahun mendatang. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER