Selasa, 25 Juni 2024

NATO Kembali Desak Turki Setujui Keanggotaan Swedia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mendesak Turki untuk segera menyetujui proposal keanggotaan Swedia. Hal itu dilakukan tiga bulan setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan menyebut pihaknya dia akan membantu mempercepat proses ratifikasi di parlemen Turki.

Dilansir dari AP, Jumat (13/10), pernyataan itu Stoltenberg ungkapkan usai menggelar pertemuan dengan para menteri pertahanan NATO di Brussels. Ia menyebut, negara anggota lain sudah sangat menunggu keanggotaan Swedia di aliansi tersebut.

“Banyak sekutu ingin melihat kemajuan cepat dalam ratifikasi ini. Swedia telah memenuhi apa yang mereka janjikan, dan sekarang kita memerlukan ratifikasi keanggotaan Swedia,” kata Stoltenberg.

Baca Juga: Konflik Memanas, Israel Luncurkan 6.000 Bom ke Jalur Gaza

Swedia dan negara tetangganya, Finlandia, mengajukan permohonan keanggotaan setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukan Rusia untuk melakukan ‘operasi khusus’ di Ukraina pada Februari 2022. Hal itu dilakukan karena kedunya mencari perlindungan di bawah payung keamanan NATO.

Erdogan menunda ratifikasi keanggotaan Swedia karena adanya masalah terkait terorisme. Pada Juni lalu, ia menyebut pemerintah Swedia telah gagal mengekstradisi puluhan anggota separatis Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Berdasarkan kekhawatiran tersebut, Stoltenberg mengaku akan mengatasi isu terorisme dan telah menunjuk Asisten Sekretaris Jenderal Tom Goffus untuk bertindak sebagai koordinator khusus upaya kontra-terorisme.

Baca Juga: Iran Jajaki Kerja Sama dengan Rusia Bangun Satelit Pengintai

“Ini menunjukkan bahwa NATO, Swedia, telah memenuhi perjanjian Vilnius, dan sekarang kita juga harus melihat bahwa Turki meratifikasi aksesi Swedia,” kata Stoltenberg.

Meskipun Erdogan sudah memberikan sinyal akan persetujuan aksesi Swedia, insiden pengebomam di area gedung Kementerian Dalam Negeri Turki membuat agenda NATO ini semakin tertunda. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER