Sabtu, 15 Juni 2024

Sebanyak 250 Prajurit dan 3 KRI Siaga Tempur di Laut Natuna Utara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Koarmada I mengerahkan sebanyak 250 prajurit hingga tiga kapal perang atau KRI dan satu unit pesawat dalam latihan siaga tempur laut di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau.

Kadispen Koarmada I Kolonel Laut (P) Yoni Nova Kusumawan, mengungkapkan tiga kapal perang yang dikerahkan dalam latihan antarunsur setingkat L3 itu ialah KRI John Lie-358, KRI Tjiptadi-381, dan KRI Sutedi Senaputra-378.

Guspurla
(Foto: Dok. Dispen Koarmada I)

“Kemudian, unsur pesawat TNI AL P-8201,” ungkap Yoni saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (27/4).

Baca Juga: Lantik Sesjen Wantannas, Hadi Minta Kepentingan Nasional Terjamin

Latihan siaga tempur laut tersebut dipimpin Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I Laksamana Pertama Muhamad Taufik yang berlangsung selama tiga hari, yakni 24-26 April dengan kegiatan manuver taktis dan penembakan.

“Latihan digelar di Laut Natuna Utara yang merupakan salah satu wilayah kerja dari Koarmada I, juga berbatasan dengan laut negara tetangga serta terdapat pelintasan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I,” jelas Yoni.

Guspurla
(Foto: Dok. Dispen Koarmada I)

Di sela-sela latihan siaga tempur laut, Pangkoarmada I Laksamana Muda Yoos Suryono juga ikut onboard di atas KRI John Lie-358 untuk mengikuti operasi pelayaran dalam menjaga keamanan di Laut Natuna Utara.

Baca Juga: Koarmada III Siaga Tempur Laut di Perairan Perbatasan Wilayah Papua dan Maluku

“Pangkoarmada I juga menyempatkan untuk meninjau Satgas Pengamanan Pulau Terluar di Pulau Sekatung,” kata Yoni.

Adapun Pulau Sekatung merupakan pulau terluar dan paling utara dari wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang terletak di Laut Cina Selatan dan berbatasan dengan Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Sekatung termasuk dalam gugusan Pulau Natuna selain Sedanau, Bunguran, dan Midai. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER