Minggu, 21 April 2024

Hadiri Indo Defence Expo and Forum 2022, Roketsan Sepakati Ekspor Sistem Pertahanan ke Indonesia

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Perusahaan pertahanan Turki, Roketsan menandatangani kesepakatan ekspor Rudal Artileri Jarak Jauh Khan dan Sistem Pertahanan Udara Hisar ke Indonesia, saat menghadiri Indo Defence 2022 Expo and Forum yang digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kamis (3/11).

Dilansir dari AA, Kamis (3/11), Wakil Direktur Utama Roketsan Murat Kurtulus mengatakan bahwa “Dengan kontrak yang kami tandatangani, kami akan ekspor perdana produk kami kepada Kementerian Pertahanan Indonesia dalam waktu dekat.”

Dalam perjanjian tersebut Roketsan akan ekspor dua jenis produknya. Pertama, Rudal Artileri Jarak Jauh Khan, yang memiliki daya tembak akurat terhadap target berjarak 280 hingga 700 km. Kedua, Sistem Pertahanan Udara Hisar, yang dikembangkan untuk melindungi pangkalan militer, pelabuhan, fasilitas pemerintah dan pasukan dari ancaman berbasis udara seperti pesawat tempur, helikopter, pesawat nirawak dan rudal jelajah.

Menurut Murat, dinamika geopolitik di Asia Tenggara akan memiliki pengaruh penting pada tahun-tahun mendatang. Dimana, Indonesia merupakan mitra strategis bagi industri pertahanan Turki. Dengan dilakukannya ekspor perdana Khan dan Hisar, Murat berharap akan ada pengembangan kerjasama bilateral di bidang pertahanan yang lebih luas. Khususnya, sistem pertahanan untuk Angkatan Laut, karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang membutuhkan pertahanan yang kuat, baik di perairan maupun di sepanjang garis pantainya.

Baca: Teken Kontrak dengan Kemhan, PTDI Siap Produksi Satu Unit Pesud CN235-220

“Indonesia memiliki garis pantai yang sangat besar yang terdiri dari pulau-pulau. Oleh karena itu, Indonesia adalah negara penting dalam hal ini membutuhkan sistem pertahanan bagi Angkatan Laut, termasuk kapal dan rudal. Kami bertujuan dan berharap untuk mengembangkan lebih banyak lagi kerja sama kami dalam waktu dekat,” ujar Murat. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER