Sabtu, 20 April 2024

Tanggapi Aksesi Swedia ke NATO, Rusia Persiapkan Langkah Teknis Militer

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Rusia akan mengambil langkah-langkah teknis militer untuk melindungi diri sekaligus sebagai tanggapan atas bergabungnya Swedia ke NATO. Aksesi itu dianggap agresif dan mengancam keamanan Rusia.

Sebelumnya, Swedia berhasil mendapatkan semua persetujuan untuk menjadi anggota NATO setelah parlemen Hungaria memberi lampu hijau. Hal ini menunjukkan Swedia tinggal menunggu proses aksesi secara resmi.

Baca Juga: Pakar Sebut Satelit Pengintai Korut Aktif Bermanuver

“Kami akan memantau dengan cermat apa yang akan dilakukan Swedia dalam blok militer agresif tersebut, bagaimana Swedia akan mewujudkan keanggotaannya. Berdasarkan hal ini, kami akan membangun respons kami dengan langkah-langkah yang bersifat teknis militer dan lainnya untuk mengekang ancaman terhadap keamanan nasional Rusia,” kata Maria Zakharova, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia melansir Tass, Jumat (1/3).

Menurutnya, respons Rusia akan bergantung pada tindakan Swedia usai resmi menjadi anggota NATO. Melihat peraturan aliansi itu, akan ada pergerakan militer dan pasukan gabungan yang dikerahkan di Swedia.

Baca Juga: Pertama Kali, Romania dan Moroko Jalin Kerja Sama Pertahanan

Selain itu, keputusan Swedia untuk tidak lagi netral usai 200 tahun, dapat mengubah stabilitas keamanan di wilayah Baltik dan Eropa Utara. Perubahan itu, kata Zakharova, dikhawatirkan dapat memicu terbentuknya ‘zona konfrontasi’. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER