Senin, 15 April 2024

Pakar Sebut Satelit Pengintai Korut Aktif Bermanuver

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Seorang pakar yang berbasis di Belanda menganalisis bahwa satelit pengintai Korea Utara (Korut) aktif mengorbit walaupun kemampuannya masih belum banyak diketahui.

Setelah dua kali gagal, Pemerintahan Kim Jong Un berhasil meluncurkan satelit Malligyong-1 di orbit pada bulan November tahun lalu. Bahkan, media pemerintah Korut mengklaim satelit itu sukses memotret beberapa tempat strategis di negara lain, salah satunya Gedung Putih, Pentagon dan kapal induk AS di pangkalan angkatan laut Norfolk.

Baca Juga: Hindari Wajib Militer, Ratusan Warga Myanmar Ingin Pindah Negara

“Sekarang kami dapat dengan pasti mengatakan bahwa satelit (Korut) tersebut aktif,” kata Marco Langbroek, pakar satelit di Universitas Teknologi Delft melansir Reuters, Rabu (28/2).

Langbroek menjelaskan, analisis itu didasarkan atas laporan data dari Combined Space Operations Center. Dalam periode tanggal 19-24 Februari, satelit itu disebut melakukan manuver untuk menaikkan titik terendah dalam orbitnya, dari 488 km menjadi 497 km.

“Manuver tersebut membuktikan bahwa Malligyong-1 tidak mati, dan Korut memiliki kendali atas satelit tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Putin Berjanji akan Tingkatkan Kemampuan Tempur Pasukan Operasi Khusus

“Meskipun saat ini kami tidak dapat memastikan apakah satelit tersebut berhasil mengambil citra, setidaknya satelit itu melakukan manuver orbital, sehingga dalam hal ini satelit itu memang berfungsi,” jelasnya.

Senada, Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel) mengatakan pihaknya juga telah menganalisis keberadaan satelit itu di orbit. Namun, Menhan Shin Won-sik mengungkapkan satelit itu tidak menunjukkan tanda-tanda berhasil melakukan pengintaian. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER