Selasa, 28 Mei 2024

Pentagon Selidiki Dugaan Dokumen Perang Rahasia yang Bocor di Media Sosial

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon melakukan penyelidikan terkait tersebarnya tangkapan layar (screenshots) yang diduga memuat dokumen rahasia tentang Ukraina di Telegram dan Twitter. Dokumen tersebut memuat informasi perang maupun rencana bantuan militer dan kekuatan pasukan Ukraina.

Dilansir dari NPR, Sabtu (9/4) Pentagon mengakui mereka sedang menyelediki keaslian dari dokumen tersebut. Sebab, tangkapan layar yang tersebar nampak telah diubah dari format aslinya. Setidaknya satu dokumen menjelaskan tentang kapan, bagaimana, dan di mana Ukraina akan meluncurkan serangan balasan terhadap Rusia.

Baca Juga: Resmi Jadi Anggota, Finlandia Tambah Kekuatan Signifikan Bagi NATO

Beberapa dari mereka yang mengunggah di media sosial tampaknya merupakan individu yang bersembunyi dengan menggunakan nama samaran. Sejauh ini, sumber pertama yang mengunggah dokumen itu belum diidentifikasi.

Selain itu, motif untuk menyebarkan informasi rahasia tersebut belum diketahui, karena badan intelijen pemerintah mana pun pasti berusaha untuk menyembunyikan dan menjaga, bukannya mengungkapkan dokumen rahasia yang mereka miliki.

Baca Juga: AS, Korsel dan Jepang Sebut Aktivitas Siber Korut Berbahaya

Menurut juru bicara Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, kebocoran itu merupakan bagian dari operasi disinformasi Rusia untuk menyebarkan keraguan tentang kemampuan serangan balasan Ukraina.

“Tujuan kebocoran data rahasia sudah jelas: mengalihkan perhatian, menimbulkan keraguan dan saling curiga, yang menabur perselisihan. Rusia sedang mencari cara untuk merebut kembali inisiatif, ini hanyalah elemen standar dari permainan operasional intelijen,” ujar Podolyak melalui Twitternya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER