Sabtu, 25 Mei 2024

AS, Jepang dan Australia akan Gelar Latihan Militer di Laut Cina Selatan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), Jepang dan Australia berencana untuk menggelar latihan di Laut Cina Selatan dalam waktu dekat. Latihan itu bertujuan untuk menunjukkan kekuatan atas sikap agresif Cina yang mengklaim wilayah tersebut.

Dilansir dari AP, Senin (21/8), latihan itu akan mencakup tiga kapal induk dan helikopter dari masing-masing negara. Usai latihan, mereka akan melakukan pertemuan dengan otoritas Filipina untuk membahas situasi keamanan di kawasan.

Baca Juga: Cerita Sudiro Dapatkan Mobil Buick Rep 1 untuk Presiden Sukarno

“AS akan mengerahkan kapal induk USS America, Jepang akan mengirim kapal induk JS Izumo dan Australia mengirim HMAS Canberra. Latihan gabungan itu telah direncanakan beberapa bulan lalu,” kata otoritas keamanan Filipina.

Lebih lanjut, latihan itu juga merupakan bentuk dukungan terhadap Filipina yang seringkali berselisih dengan Cina di perairan yang disengketakan. Kendati begitu, Filipina disebut tidak akan menjadi bagian dari latihan karena keterbatasan logistik militer.

Baca Juga: Tank M1A1 Abrams Akan Hadir di Indonesia Ikuti Latma Garuda Shield 2023

Sebelumnya, Filipina menyebut Kapal Perang Cina telah melakukan manuver berbahaya dan menghalangi jalur dua Kapal Penjaga Pantai MRRV-4402 dan MRRV-4403 saat sedang berpatroli di sekitar wilayah Ayungin atau lebih dikenal sebagai Second Thomas Shoal.

Second Thomas Shoal merupakan wilayah karang Filipina yang diklaim secara sepihak oleh Cina melalui ketentuan sembilan garis putus-putus atau nine dash line. Padahal, Pengadilan Arbitrase Internasional telah menetapkan pada tahun 2016 lalu, bahwa klaim Cina itu tidak sah menurut hukum internasional. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER