Selasa, 25 Juni 2024

KRI John Lie dan Jet F-16 Latihan Perang Anti-udara di Natuna Utara

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Unsur kapal perang TNI AL KRI John Lie-358 dan dua pesawat tempur TNI AU F-16 melaksanakan latihan kesiapan dan kesiagaan personel dan alutsista di Laut Natuna Utara, Selasa (7/5).

Dalam latihan yang dipimpin oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I Laksamana Pertama Mohamad Taufik, KRI John Lie dan dua pesawat tempur F-16 tersebut melakukan air joint exercise dan air defense exercise.

guspurla
(Foto: Dok. Dispen Koarmada I)

Adapun air joint procedure merupakan proses pesawat udara kawan akan bergabung dengan unsur atau konvoi gugus tugasnya melalui prosedur komunikasi dan identifikasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak sehingga unsur konvoi suatu gugus tugas tersebut adalah unsur kawan.

Baca Juga: Dua Kapal Patroli Cepat 40 Meter Akan Perkuat Lantamal Surabaya dan Manado

Sementara air defense exercise adalah latihan peperangan anti-udara, mengisyaratkan kepada unsur KRI untuk melaksanakan aksi self-defense menggunakan senjata anti-udara yang dimiliki kapal perang

guspurla
(Foto: Dok. Dispen Koarmada I)

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada I, Rabu (8/5), dalam skenario latihan digambarkan seluruh prajurit KRI John Lie menerima peringatan alarm peran tempur bahaya udara. Lalu, seluruh prajurit siaga menuju pos tempur masing-masing.

Kemudian, dua pesawat tempur F-16 yang salah satunya dipimpin oleh pilot senior Mayor (Pnb) Yusuf Atmaraga dan KRI John Lie dengan komandan Kolonel Laut (P) Kurniawan Koes Atmaja, bersiap dengan segala kemungkinan yang terjadi dalam peperangan anti-udara.

Baca Juga: Sebanyak 57 Prajurit Yonif 754 Kostrad Dikirim ke Intan Jaya untuk Jalani Operasi Habema

guspurla
(Foto: Dok. Dispen Koarmada I)

Dua pesawat tempur F-16 juga melaksanakan simulasi serangan udara terhadap sasaran artileri medan dan artileri pertahanan udara dari Satuan Tugas Pertahanan Darat (Satgashanrat).

Pada akhir latihan, Taufik yang on board di atas KRI John Lie menyampaikan terima kasih kepada semua unsur-unsur darat, laut, dan udara yang telah melaksanakan latihan dan komunikasi dengan baik.

“Diharapkan latihan ini dapat terus ditingkatkan dalam rangka menjaga interoperabilitas antar-matra dan menjaga serta meningkatkan profesionalisme prajurit,” ujar Taufik. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER