Minggu, 19 Mei 2024

Kerahkan Dua Tipe Pesawat Hercules, TNI AU Gelar Latihan Container Delivery System

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar latihan penerjunan Container Delivery System (CDS) dengan dropping zone berada di Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Senin (18/3).

Latihan tersebut digelar dalam rangka mengasah profisiensi awak pesawat dalam melaksanakan CDS dan disaksikan langsung oleh Panglima Koopsudnas Marsdya TNI Tedi Rizalhadi; Asops KSAU Marsda TNI Minggit Tribowo; serta sejumlah pejabat TNI AU lainnya.

Baca Juga: Serempak, TNI Buka Lahan Ketahanan Pangan di 3 Kabupaten dan 16 Distrik di Papua

Melansir keterangan TNI AU dalam instagram @militer.udara terungkap, dua alutistsa dikerahkan dalam latihan kali ini, yaitu satu unit pesawat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1343, yang dikerahkan dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Selain itu, satu unit pesawat hercules lainnya berasal dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang yakni C-130 Hercules A-1315.

Bundle
Bundle yang diterjunkan dari pesawat Hercules TNI AU dalam latihan CDS. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Masing-masing pesawat tersebut diawaki langsung oleh Danskadron 31, Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astra Duta; serta Danskadron 32, Letkol Pnb Fandi A. Pulungan.

“Sebanyak 24 bundle dijatuhkan dari ketinggian 600 feet dengan menggunakan parasut Type G 12E dengan dropping zone Lanud Suryadarma,” jelas TNI AU.

Baca Juga: Dua KRI Penyapu Ranjau ‘Beda Generasi’ Berganti Komandan

Pada sortie pertama, sebanyak empat bundle diterjunkan dari pesawat C-130J Super Hercules. Kemudian, disusul dengan 10 bundle lainnya pada sortie kedua.

Sementara itu, pesawat C-130 Hercules berhasil melaksanakan dropping masing-masing sebanyak empat bundle pada sortie pertama dan enam bundle di sortie kedua. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER