Rabu, 12 Juni 2024

TNI Gelar Simulasi Penerapan Hukum dalam Operasi Militer Selain Perang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI menggelar simulasi penerapan hukum dalam operasi militer selain perang. Kegiatan ini dibuka oleh Irjen TNI Laksamana Madya Dadi Hartanto di Cilangkap, Jakarta, Kamis (16/5).

Simulasi penerapan hukum tersebut bertujuan menyatukan pemahaman teori dan praktik hukum dalam operasi militer. Skenario pada simulasi menggambarkan kondisi konflik dalam negeri, melalui pendekatan “learning by doing” para peserta diharapkan dapat memahami secara mendalam dan aplikatif tentang hukum.

Baca Juga: Wakil KSAD Tinjau Sarana Prasarana Satuan TNI AD di Papua

Dadi mengapresiasi upaya Babinkum TNI dalam menghadirkan simulasi sebagai metode pembelajaran hukum humaniter dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Irjen TNI Laksamana Madya Dadi Hartanto
(Foto: Dok. Puspen TNI)

“Simulasi ini harus disosialisasikan kepada seluruh personel, agar dalam tugas OMSP tidak terjadi hal-hal yang baru kita saksikan bersama,” ujarnya, dikutip dari keterangan Puspen TNI, Jumat (17/5).

Baca Juga: Sebanyak 14 Pati TNI AU Laporkan Kenaikan Pangkat kepada KSAU

Irjen TNI Laksamana Madya Dadi Hartanto
(Foto: Dok. Puspen TNI)

“Karena tidak menutup kemungkinan pada saat kita operasi akan terjadi hal-hal seperti tadi,” tambahnya.

Simulasi ini tidak hanya memperkuat aspek teoritis tetapi juga memperkaya pengalaman praktis para peserta, sehingga mampu menghadirkan operasi militer yang sesuai dengan prinsip-prinsip hukum humaniter dan hak asasi manusia internasional. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER