Kamis, 22 Februari 2024

Meski Bantuan Senjata Menipis, Zelensky Tegaskan Rakyat Ukraina akan Menang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Ukraina akan mengalahkan Rusia dan memenangkan perdamaian yang adil. Ia berupaya meyakinkan rakyatnya untuk ‘melawan segala rintangan’ di tengah bantuan militer dan keuangan dari sekutu khususnya Amerika Serikat (AS) semakin menipis.

“Ini sulit, tapi kami bertahan. Tidak peduli betapa sulitnya, kami akan mencapainya. Menuju perbatasan kami, menuju rakyat kami. Menuju perdamaian kami. Perdamaian yang adil. Perdamaian yang bebas. Melawan segala rintangan,” kata Zelensky melansir President.gov.ua, laman resmi kepresidenan Ukraina, Kamis (7/12).

Baca Juga: AS dan Swedia Sepakati Perjanjian Kerja Sama Pertahanan

Hal itu ia ungkapkan bertepatan pada Hari Angkatan Bersenjata Ukraina. Ia pun nampak memberikan penghormatan kepada tentara yang gugur. Menurutnya, satu-satunya jalan bagi Ukraina adalah membebaskan wilayah yang diduduki Rusia.

“Ini adalah tanah kami. Ini adalah rakyat kami. Apakah ada alternatif lain? Tidak. Sembilan tahun dan 651 hari perang telah berlalu. Kemenangan sudah di depan mata,” imbuhnya.

Baca Juga: OHCHR: Berbagai Kejahatan Masal Terjadi di Gaza

Pernyataannya muncul di tengah ketidakpastian mengenai masa depan bantuan tambahan yang sedang diperdebatkan di Kongres AS. Bantuan militer yang diusulkan Uni Eropa juga mendapat perlawanan dari beberapa anggota blok tersebut. (bp)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER