Kamis, 30 Mei 2024

KSAD Kerahkan 2.010 Prajurit TNI AD Bersihkan Kawasan Gunung Lawu

BACA JUGA

Magetan, IDM – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengerahkan 2.010 prajurit TNI Angkatan Darat ke kawasan Gunung Lawu, Rabu (20/12). Pengerahan ini dilakukan dalam upaya membersihkan sampah dan melakukan penghijauan kembali pasca terjadinya kebakaran hutan beberapa waktu lalu.

Melalui gerakan pembersihan dan penghijauan kembali, Maruli berpesan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala yang turut didukung oleh regulasi dan pemerintah daerah setempat.

Baca Juga: Profil Danpaspampres Baru Mayjen TNI Achiruddin, Eks Komandan Sat 81 Gultor dan Wadanjen Kopassus

“Bahwa tugas menjaga lingkungan alam, sejatinya merupakan tanggung jawab bersama, sebab gerakan ini sangat penting guna mengantisipasi potensi bencana yang bisa berdampak pada semua lapisan masyarakat,” pesan Maruli.

“Saya berterima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan pembersihan (sampah) dan penanaman (pohon) ini. Mudah-mudahan terus berjalan demi menjaga alam, dan ke depan kita bisa terus meningkatkan kinerja kita demi lestarinya alam,“ lanjut lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 ini.

Karya Bakti yang dilaksanakan sejak 14 Desember 2023 ini menyasar pada pembersihan dan penghijauan di tiga sektor yang berbeda. sektor 1 di Bukit Mongkrang, sektor 2 di Bukit Gumeng sekitar pos 2 dan pos 3, serta sektor 3 di Bukit Gumeng sekitar Pos 4.

Baca Juga: Resmikan Lagi Titik Air, Prabowo: Kita Terus Berjuang Atasi Kesulitan Rakyat

Adapun luas lahan keseluruhan yang disasar melalui kegiatan ini mencapai lebih dari 200 hektare dengan penanaman lebih dari 23.000 bibit pohon dari berbagai jenis.

Pada kesempatan itu, Maruli juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada 2010 prajurit, masyarakat, serta relawan yang terlibat dalam kegiatan reboisasi dan pembersihan sampah di wilayah tersebut. Berdasarkan perhitungan mereka, berat sampah yang terkumpul mencapai 50 ton. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER