Sabtu, 20 April 2024

Presiden Rusia Sebut Siap Diskusi dengan Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan siap melakukan diskusi dengan Ukraina, Amerika Serikat (AS) dan Eropa mengenai ‘operasi khusus’ yang sudah berlangsung sejak Februari tahun lalu. Namun, kata Putin, Rusia akan selalu membela kepentingan nasional.

Dilansir dari Reuters, Rabu (20/12), hal itu diungkapkan Putin saat pertemuan Kementerian Pertahanan yang dihadiri oleh para petinggi militer, termasuk Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, Jenderal Valery Gerasimov dan Direktur Dinas Keamanan Federal (FSB) Alexander Bortnikov.

“Ukraina, mereka yang bersikap agresif terhadap Rusia, dan Eropa serta Amerika Serikat – apakah mereka ingin bernegosiasi? Biarkan saja. Tapi kami akan melakukannya berdasarkan kepentingan nasional kami,” kata Putin.

Baca Juga: Denmark dan AS Sepakati Kerja Sama Pertahanan

Sebelumnya, Putin juga telah berulang kali mengatakan siap untuk membicarakan masa depan Ukraina dan tidak berniat berperang dengan Eropa. Kali ini, ia kembali menyatakan hal serupa sekaligus menekankan pihaknya tidak akan menyerahkan apa yang menjadi milik Rusia.

“Kami tidak akan menyerahkan milik kami. Kami tidak akan mengabaikan tujuan operasi militer khusus ini,” ujarnya.

Ia pun menyebut Rusia memimpin operasi di garis depan pertempuran. Kendati demikian, Rusia Pelu meningkatkan komunikasi dan kemampuan militer berupa pengintaian maupun penargetan.

Baca Juga: Ukraina akan Produksi Satu Juta Unit Drone Tahun Depan

Menurutnya, industri pertahanan Rusia brrgerak lebih cepat dibandingkan industri pertahanan Barat. Sehingga, Rusia akan terus meningkatkan kekuatan dan kesiapan tempur.

Sementara, Shoigu mengungkapkan bahwa pasukan Rusia telah membentuk beberapa ladang ranjau hingga memiliki luas total 7.000 km persegi di Ukraina. Selain itu, sekitar 1,5 juta penghalang anti-tank dan 2.000 km parit anti-tank juga telah dibangun. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER