Jumat, 19 April 2024

Putin: Pasukan Rusia Perkuat Posisi di Sepanjang Garis Depan Pertempuran

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa pasukan Rusia semakin memperkuat posisi di sepanjang garis depan pertempuran di Ukraina. Ia juga juga menyebut serangan balasan Kyiv merupakan sebuah kegagalan.

Dilansir dari Reuters, Senin (16/10), Putin mengungkapkan, pasukan Rusia kini meningkatkan posisinya hampir di seluruh titik pertahanan komando termasuk di sekitar Kupyansk, Zaporozhye, dan Avdeyevka.

Baca Juga: Human Right Watch Sebut Israel Gunakan Fosfor Putih Di Jalur Gaza

“Apa yang terjadi sekarang di sepanjang garis kontak merupakan ‘pertahanan aktif’. Dan pasukan kita meningkatkan posisinya di hampir seluruh wilayah yang cukup luas,” kata Putin.

Konflik terbuka yang terjadi sejak tahun lalu telah menyebabkan sebagian besar wilayah Ukraina hancur dan ratusan ribu orang tewas atau terluka. Rusia saat ini diperkirakan menguasai 17,5% wilayah Ukraina seiring dengan berlanjutnya serangan balasan dari Kyiv.

Pemerintah Zelensky berusaha merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia tetapi kondisi di medan tempur sangatlah membuat pasukan Ukraina kesulitan menembus garis pertahanan Rusia. Sebab, wilayah itu diperkuat dengan ladang ranjau dan ribuan tentara tambahan Rusia.

Baca Juga: AS Sebut Korut Kirim 1.000 Kontainer Senjata ke Rusia

Sebelumnya, Ukraina mengklaim serangan balasan mengalami kemajuan meskipun lambat. Sementara Putin, menilai upaya Ukraina itu sebagai sebuah kegagalan total.

“Serangan balasan Ukraina telah gagal total, namun pihak lawan sedang mempersiapkan operasi ofensif aktif baru. Kami melihatnya dan kami mengetahuinya,” ujar Putin. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER