Sabtu, 20 April 2024

Panglima Kostrad Terima Courtesy Call Singapore Army 3rd Division Commander

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak melaksanakan courtesy call bersama Singapore Army 3rd Division Commander yang dipimpin oleh Pangdiv 3 Angkatan Darat Singapura Brigadir Jenderal Cai Dexian di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (1/9).

Pada pertemuan tersebut, Maruli menjelaskan jika Kostrad merupakan komando utama operasi di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai komando utama pembinaan di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Darat yang dalam pelaksanaan tugasnya satuan kostrad terbagi menjadi 3 Divisi Infanteri antara lain Divisi Infanteri 1 berada di Jawa Barat, Divisi Infanteri 2 berada di Jawa Timur dan Divisi Infanteri 3 berada di Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Koopssus TNI dan Amerika Berlatih Pertempuran Jarak Dekat hingga Terjun Tempur

“Kostrad memiliki tugas pokok menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan tingkat strategis sesuai dengan kebijakan panglima tni, dan sebagai komando utama pembinaan bertugas membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasad,” terang Maruli.

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Kostrad menyelenggarakan fungsi-fungsi yang terdiri dari fungsi utama yaitu melaksanakan pertempuran di darat yang dilakukan dengan operasi militer perang (OMP) atau operasi militer selain perang (OMSP).

“Serta fungsi organik militer yaitu melaksanakan kegiatan di bidang intelijen, operasi, personel, logistik, teritorial, perencanaan, serta pengawasan dan pemeriksaan dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad,” tambah Maruli.

Baca Juga: Panglima Koopsudnas: Penggunaan Satelit Pertahanan Penting untuk Menghadapi Kompleksitas Ancaman

Selain itu, Maruli mengatakan bahwa kostrad telah beberapa kali menyelenggarakan kerja sama militer melalui latihan bersama (latma) dengan negara sahabat. Pada bulan Agustus 2023 lalu, Kostrad telah melaksanakan latihan bersama dengan Angkatan Darat Singapura melalui Safkar Indopura 35/2023 pada tanggal 20 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2023 di Singapura.

“Kostrad mengirim tujuh personel untuk mengikuti latihan bersama tersebut, dalam latihan bersama tersebut prajurit Kostrad dapat melaksanakan latihan tim pertempuran tingkat brigade dan batalyon motoris/mekanis yang didukung oleh Alutsista. Kegiatan latihan bersama tersebut merupakan suatu pengalaman berharga bagi prajurit Kostrad yang terlibat,” ujar Pangkostrad. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER