Sabtu, 20 April 2024

Kanada akan Kirim Lebih dari 800 Drone SkyRanger R70 ke Ukraina

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Pertahanan Kanada Bill Blair mengatakan pihaknya akan menyumbangkan lebih dari 800 sistem udara nirawak (drone) multi-misi SkyRanger R70 ke Ukraina untuk membantu mempertahankan diri dalam konflik bersenjata yang telah berlangsung selama hampir dua tahun dengan Rusia.

“Kanada berdiri teguh bersama Ukraina dalam membela kebebasan dan demokrasi. Melalui koordinasi dengan sekutu dan mitra kami, kami akan terus memberikan bantuan militer kepada Ukraina yang diperlukan untuk berperang dan memenangkan perang ini,” kata Blair melansir Canada.ca, laman resmi pemerintah Kanada, Selasa (20/2).

Baca Juga: Iran Luncurkan Dua Sistem Pertahanan Udara Baru

“Pengumuman hari ini memastikan bahwa Ukraina memiliki drone yang diperlukan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi target yang penting bagi perjuangan Ukraina yang sedang berlangsung,” tambahnya.

Ratusan drone itu diproduksi oleh Teledyne FLIR yang bernilai lebih dari C$95 juta ($70,44 juta). Dengan sistem navigasi otomatis dan otonom, drone ini mampu membawa muatan hingga 3,5 kilogram, termasuk sistem kamera untuk mendeteksi target dan amunisi.

Baca Juga: Mesir Tegaskan Tidak Bangun Fasilitas Pengungsian Bagi Warga Gaza di Perbatasan

Kemampuan multi-misi SkyRanger R70 juga akan membantu pasukan Ukraina dalam mengenali individu, kendaraan, dan sumber panas apa pun dari jarak jauh, terutama dalam kondisi gelap dan cuaca buruk. Drone rencananya akan mulai dikirim pada bulan Maret mendatang. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER