Kamis, 18 April 2024

Iran Luncurkan Dua Sistem Pertahanan Udara Baru

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Iran meluncurkan dua persenjataan baru yaitu sistem rudal anti-balistik ‘Arman’ dan sistem pertahanan udara ketinggian rendah ‘Azarakhsh’ sebagai upaya untuk meningkatkan kapabilitas militer.

Dilansir dari Irna.ir, laman media resmi pemerintah Iran, Senin (19/2), Kementerian Pertahanan Iran menyebut Arman dapat mendeteksi target dari jarak 180 km dan siap dioperasikan dalam waktu kurang dari tiga menit. Sistem Arman juga dilengkapi dengan rudal Sayyad-3.

Baca Juga: Mesir disebut Bangun Fasilitas Pengungsian di Perbatasan Gaza

“Sistem pertahanan udara Arman dihadirkan dalam dua versi dengan radar yang berbeda, satu model sistem ini memiliki radar pasif dan model lainnya memiliki radar aktif,” katanya.

Sementara, Azarakhsh diklaim mampu menjaga fasilitas vital Iran dari ancaman drone dan kendaraan udara mikro dengan sistem radar tiga dimensi yang canggih sekaligus menghancurkan target dalam waktu sesingkat mungkin.

Baca Juga: Ukraina Klaim Tembak Jatuh Tiga Pesawat Tempur Rusia

“Azarakhsh merupakan sistem udara ketinggian rendah yang menggunakan radar dan sistem elektro-optik untuk mendeteksi sekaligus melacak target. Selain itu, rudal sistem Azarakhsh juga menggunakan pencari termal,” ujarnya.

“Dengan masuknya sistem baru ke dalam jaringan pertahanan negara, maka kemampuan pertahanan udara Republik Islam Iran akan meningkat secara signifikan,” pungkasnya. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER