Jumat, 19 April 2024

3 Pesawat Tempur F-35 Milik Angkatan Udara Australia Mendarat di Manado, Ada Apa?

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 3 unit pesawat tempur F-35A milik Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force/RAAF) mendarat di Lanud Sam Ratulangi (Sri) Manado, Kamis (14/9).

Kedatangan pesawat yang berasal dari 75 Squadron RAAF tersebut di Indonesia dilakukan dalam rangka latihan bersama (Latma) Elang Ausindo 2023. Rencananya, Latma ini akan digelar dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Dankormar Tinjau Kemampuan Taifib pada Latpassus Operasi Amfibi 2023 di Madura

Selain F-35, melansir keterangan TNI AU dalam instagram @militer.udara disebutkan, RAAF juga mengerahkan rombongan lainnya yang terdiri dari masing-masing 1 unit C-17, KC30 dan C-130J. Pesawat-pesawat tersebut dijadwalkan tiba di Manado hari ini, Jumat (15/9).

Pesawat tempur F-35 milik RAAF
Tiga unit pesawat tempur F-35 milik RAAF yang dikerahkan dalam Latma Ausindo 2023. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

“Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dalam operasi bersama yang melibatkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, serta pesawat tempur F-35A dari RAAF,” tulis TNI AU.

Selaras dengan tujuan tersebut, pada kesempatan yang sama, latma ini dapat meningkatkan interoperabilitas serta hubungan persahabatan yang telah terjalin dengan baik di antara Australia dan Indonesia.

Baca Juga: Pesan KSAD untuk Prajurit Siswa Dikmata Khusus Kostrad

“Hal ini merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kesiapan dan kerja sama antara kedua negara dalam menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah Asia Pasifik,” lanjut TNI AU.

Adapun serial latihan yang akan diikuti oleh para penerbang dalam Latma Ausindo 2023 meliputi Dissimilar Basic Fighter Manuever, Dissimilar Air Combat Manuever, Offensive Counter Air, dan Defensive Counter Air. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER