Selasa, 25 Juni 2024

Tingkatkan Sinergisitas, Dispenau Gelar Outbound Awak Media 2023 di Lanud Adisutjipto

BACA JUGA

Yogyakarta, IDM – Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) menggelar kegiatan bertajuk “Outbound Awak Media 2023” yang dipusatkan di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta pada 20 hingga 21 Desember 2023.

Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan sinergisitas, kerja sama, serta kebersamaan di antara Dispenau dengan jurnalis media cetak, elektronik, serta online nasional.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan melakukan kunjungan ke Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 474 Pasgat. Di sana, para awak media yang turut dalam rombongan berkesempatan untuk menembak menggunakan pistol yang biasa digunakan oleh personel.

Baca Juga: TNI AL Prioritaskan Pembangunan Kapal Patroli untuk Ditempatkan di Indonesia Timur

Sebelum menembak, para pelatih dari Denhanud 474 Pasgat terlebih dahulu memberikan penjelasan umum mengenai pistol yang digunakan, serta pengarahan khusus perihal hal-hal teknis yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menembak.

Personel Denhanud 474 Pasgat
Personel Denhanud 474 Pasgat saat memberikan pengarahan kepada awak media sebelum sesi menembak. (IDM/Yuli Ari)

Sesi berikutnya, para awak media dilatih untuk bekerjasama memecahkan persoalan yang diberikan pelatih melalui materi psikologi lapangan, seperti ice breaking, geometri, spiderweb, dan materi ketangkasan melempar pisau.

Pada bagian akhir kegiatan outbound di Denhanud 474 Pasgat, awak media dikenalkan dengan sejumlah kendaraan taktis serta persenjataan pertahanan udara yang digunakan oleh satuan ini.

Baca Juga: Marsdya TNI Andyawan Martono, Penerbang Tempur F-16 yang Resmi Jadi Wakil KSAU

Sejumlah persenjataan yang ditampilkan meliputi kendaraan taktis ILSV, senjata perorangan dan sniper, Rudal QW-3, Triple Gun, serta Radar Smart Hunter.

Personel Denhanud 474 Pasgat
Instruktur penerbang Skadik 104 Lanud Adisutjipto saat memberikan informasi mengenai simulator pesawat latih dasar TNI AU, Pesawat Grob. (IDM/Yuli Ari)

Memasuki hari kedua, awak media berkesempatan untuk mengunjungi 3 Skadron Pendidikan (Skadik) yang ada di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, yaitu Skadik 101, Skadik 102, serta Skadik 104.

Dengan kunjungan ini, para awak media dapat mengenal lebih dekat serta mengetahui tugas pokok masing-masing Skadik dalam mempersiapkan calon penerbang TNI.

Baca Juga: TNI AD Dukung Inovasi YKEP Bidang Jasa Transportasi

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla). Museum kedirgantaraan terbesar di Asia Tenggara ini menyuguhkan beragam koleksi bersejarah, mulai dari seragam TNI AU dari masa ke masa, diorama perjuangan bangsa Indonesia, hingga pesawat-pesawat yang pernah memperkuat TNI AU dalam operasi udara untuk mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan NKRI.

Museum yang berlokasi di lingkungan Lanud Adisutjipto ini dikelola secara profesional oleh Dispenau dan menjadi objek wisata paling ramai kedua yang dikunjungi wisatawan setelah Kraton Yogjakarta. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER