Senin, 27 Mei 2024

Iran dan Pakistan Sepakat Perkuat Kerja Sama Pertahanan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Para pemimpin Iran dan Pakistan sepakat untuk memperkuat kerja sama pertahanan sekaligus mempererat hubungan diplomatik yang sempat bersitegang.

Dilansir dari AP, Selasa (23/4), Presiden Iran Ebrahim Raisi bertemu dengan Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif di Ibu Kota Islamabad. Keduanya membahas berbagai masalah bilateral dan berjanji untuk bekerja sama memerangi terorisme. Mereka pun kembali mengecam perang Israel di Gaza.

Baca Juga: AS-Filipina Gelar Latihan Gabungan, Cina: Memicu Ketegangan

Dalam pertemuan itu, Sharif memuji “sikap kuat Iran dalam masalah Palestina dan Pakistan pun mendukung Palestina”. Sedangkan, Raisi menyebut pembunuhan yang dilakukan Israel di Gaza dilakukan berkat dukungan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Barat lainnya.

Raisi turut mengkritik organisasi-organisasi internasional, termasuk PBB, dengan mengatakan, “Mereka mengaku mendukung hak asasi manusia, namun mereka membuktikan bahwa mereka tidak efisien.”

Baca Juga: Korut Gelar Latihan Serangan Balik Nuklir untuk Pertama Kali

Sebelumnya, Raisi juga telah bertemu dengan Panglima Militer Pakistan Jenderal Asim Munir untuk membahas stabilitas keamanan. Mereka menggambarkan perbatasan Pakistan-Iran sebagai “perbatasan damai dan bersahabat”. Namun, menekankan perlunya peningkatan koordinasi untuk “mencegah teroris membahayakan hubungan persaudaraan yang telah lama ada.” (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER