Jumat, 19 April 2024

Semarak HUT ke-78 RI, Danlanud SMH Giatkan Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Palembang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo ambil bagian dalam gerakan nasional bertajuk “Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih” dalam rangka HUT ke-78 RI.

Kegiatan yang digelar di Kota Palembang ini dipusatkan di Simpang 5 jalan perkantoran DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (11/8).

Baca Juga: Lanud Atang Sendjaja Gelar Persiapan Jelang Misi Flypass Giant Flag HUT ke-78 RI

Wali Kota Palembang Harnojoyo memimpin langsung jalannya kegiatan ini. Selain unsur TNI, kegiatan ini turut diikuti oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumsel.

Unsur Pemprov, Forkopimda dan TNI
Unsur Pemprov, Forkopimda dan TNI di wilayah Sumsel yang bersinergi dalam gerakan nasional pembagian bendera Merah Putih di Kota Palembang. (Foto: Dok. Penerangan Lanud SMH)

“Kegiatan tersebut sebagai wujud cinta tanah air sekaligus upaya untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Dengan semangat perjuangan, para pahlawan rela berkorban jiwa dan raga untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada saat itu,” tulis Penerangan Lanud SMH dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi IDM, Sabtu (12/8).

Dikutip dari berbagai sumber, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri ini memiliki tujuan untuk memperkuat identitas dan simbol persatuan masyarakat Indonesia, yakni dengan bendera Merah Putih yang akan berkibar di seluruh wilayah NKRI.

Baca Juga: 10 Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU Mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Ada Apa?

Pada dasarnya, gerakan nasional ini bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa nasionalisme bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Pelaksanaan gerakan ini pun telah berlangsung sejak 1 Juni 2023 dan akan terus dilakukan hingga 31 Agustus 2023 di berbagai daerah. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER