Selasa, 5 Maret 2024

10 Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU Mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Ada Apa?

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 10 pesawat tempur jenis F-16 Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara (TNI AU) mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (11/8).

Kedatangan elang-elang besi itu di Jakarta dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia yang akan diperingati pada 17 Agustus mendatang.

Pada peringatan hari spesial Indonesia tersebut, para penerbang tempur TNI AU akan mempertunjukkan kemampuan mereka dalam bermanuver dan terbang formasi dengan pesawat F-16.

Baca Juga: Kapuspen TNI: Panglima Yudo Ingin Revisi Aturan Bantuan Hukum Prajurit

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, mereka akan terbang lintas (flypass) di atas Istana Negara dan Monumen Nasional (Monas), di mana aksi tersebut juga turut disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

penerbang tempur
Para penerbang tempur TNI AU yang akan mengawaki pesawat F-16 Fighting Falcon dalam demo udara peringatan HUT ke-78 RI. (Foto: Dok. Dispenau)

Flypass tahun ini terbagi dalam dua flight, di mana masing-masing flight akan membentuk formasi diamond serta bomb burst. Untuk diketahui, kesepuluh pesawat tempur F-16 yang turut dalam demo udara tahun ini semuanya sudah diupgrade dengan sistem avionik dan senjata udara modern.

Pesawat-pesawat tersebut berasal dari dua skadron TNI AU, yakni Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Madiun. Untuk menuju Jakarta, mereka terbagi ke dalam tiga flight yang diberi nama Garuda Flight, Eagle Flight, dan Dragon Flight.

Baca Juga: Lanud Atang Sendjaja Gelar Persiapan Jelang Misi Flypass Giant Flag HUT ke-78 RI

“Garuda Flight terdiri dari dua pesawat yang diawaki oleh Danskadron Udara 3 Letkol Pnb Pandu ‘Hornet’ Eka Prayoga dan Danskadron Udara 14 Mayor Pnb Anwar ‘Weasel’ Sovie. Sebelum mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Garuda Flight terlebih dahulu melaksanakan pengecekan rute yang akan dilintasi saat flypass nanti,” tulis Dispenau.

Sementara Dragon Flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 3, sedangkan Eagle Flight terdiri dari empat pesawat dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Madiun.

Kedatangan mereka di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta disambut langsung oleh Panglima Koopsudnas Marsdya TNI M. Tonny Harjono beserta sejumlah pejabat TNI AU lainnya. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER