Selasa, 25 Juni 2024

Sebanyak 4.521 Siswa Ikuti Pendidikan Tamtama di Dodiklatpur Rindam III/Siliwangi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 4.521 siswa akan mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Tahun 2024, di Dodiklatpur Rindam III/Siliwangi, Ciuyah, Banten. Upacara pembukaan dipimpin langsung Letjen TNI Tandyo Budi Revita, Sabtu (4/5/2024) kemarin.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakil KSAD) secara resmi membuka Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Tahun 2024, di Dodiklatpur Rindam III/Siliwangi, Ciuyah, Banten, Sabtu (4/5/2024).

“Melalui Dikmata TNI AD 2024 ini, 4.521 putra bangsa akan digembleng hingga menjadi prajurit-prajurit sejati yang akan menjaga negeri ini. Ke depan bahwa dinamika perkembangan lingkungan strategis global, regional, dan nasional, menuntut TNI AD untuk terus meningkatkan kesiapan operasional dalam menghadapi segala bentuk ancaman,” ujar Wakil KSAD dalam amanatnya seperti dikutip keterangan resmi Dispenad, Senin, (6/5).

Baca Juga: Tembak TNI dengan Busur Panah, Anggota OPM di Maybrat Akhirnya Menyerahkan Diri

Karena hal ini, lanjutnya keterlibatan TNI AD dalam Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang telah menunjukkan pentingnya memiliki prajurit, yang tidak hanya tangguh dalam fisik dan mental, tetapi juga mampu mengoperasikan Alutsista modern, dan berpartisipasi dalam sistem pertahanan yang terintegrasi.

Dikmata
(Foto: Dok. Dispenad)

“Dalam menghadapi berbagai ancaman, termasuk gangguan keamanan dari kelompok-kelompok separatis yang mengancam kedaulatan NKRI, TNI AD harus senantiasa memperkuat postur kekuatannya. Disinilah pendidikan dan latihan yang berkesinambungan berperan penting mewujudkan hal tersebut. Yaitu untuk memastikan bahwa setiap prajurit TNI AD siap diterjunkan di medan (pertempuran) yang sesungguhnya. Pendidikan yang akan kalian jalani adalah bagian dari proses panjang pembentukan prajurit, yang tidak hanya terampil dan profesional, tetapi juga berjiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI,” kata Wakil KSAD.

Terakhir ia berpesan agar para siswa dapat menjalani pendidikan dengan penuh kesungguhan dan kedisiplinan.

Baca Juga: Prajurit Marinir Turun Tangan Bantu Penanganan Banjir Luwu Sulawesi Selatan

“Berlatihlah dengan penuh rasa tanggung jawab, tunjukkan semangat bersaing yang sehat dan jujur. Terapkan nilai-nilai keprajuritan dalam setiap tindakan, serta pegang teguh integritas kependidikan,” kata Wakil KSAD.

Upacara pembukaan Dikmata TNI AD tahun 2024 ini juga dilakukan secara serentak di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Secata Rindam III Slw, Dodiklatpur Rindam Jaya Jayakarta dan Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro. Penyelenggaraannya dibagi menjadi dua, Dikmata Reguler maupun Khusus. Adapun para siswa Dikmata TNI AD nantinya akan menjalani pendidikan pertama pembentukan selama 3,5 bulan, dan selanjutnya mengikuti pendidikan kecabangan selama 1,5 bulan. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER