Rabu, 24 April 2024

Rusia Klaim Tembak Jatuh Drone Ukraina yang Mendekati Moskow

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengklaim pihaknya telah menembak tiga drone Ukraina yang terbang mendekati Ibu Kota Moskow pada beberapa waktu lalu. Tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Dilansir dari Al Jazeera, Senin (28/8), sebanyak dua drone ditembak jatuh di wilayah yang berbatasan dengan Ukraina, sedangkan drone lainnya dihancurkan saat dekat wilayah Ibu Kota Moskow. Seluruh drone itu diklaim tembak oleh sistem pertahanan udara Rusia.

Baca Juga: Usai diselidiki, Badan Investigasi Rusia Konfirmasi Kematian Prigozhin

“Pertahanan udara di distrik Lyubertsy, tenggara Moskow telah menghancurkan sebuah drone yang terbang menuju Moskow. Dua drone lainnya dihancurkan oleh sistem pertahanan udara di wilayah barat Bryansk yang berbatasan dengan Ukraina. Tidak ada korban jiwa atau kerusakan dan layanan darurat sudah berada di lokasi kejadian,” kata Walikota Sergei Sobyanin.

Meskipun tidak ada korban jiwa, otoritas wilayah Rosaviatsia menyebut bahwa sebanyak tiga bandara untuk sementara menerapkan pembatasan penerbangan selama beberapa jam. Serangan itu merupakan yang kesekian kalinya dihadapi Rusia selama sebulan terakhir.

Baca Juga: Tingkatkan Kerjasama Pertahanan, Singapura dan Cina akan Gelar Latihan Militer

Sebelumnya, Rusia juga menembak jatuh sebanyak 20 drone di Krimea pada pertengahan Agustus lalu. Semenanjung Krimea sendiri telah diduduki oleh Rusia sejak 2014, delapan tahun sebelum Presiden Vladimir Putin memerintahkan invasi besar-besaran ke tetangganya pada Februari 2022.

Hingga kini, kedua negara terus melakukan serangan drone khususnya sejak Ukraina meluncurkan drone ke Kremlin pada awal Mei. Tetapi, Ukraina tidak pernah mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER